Panda Raksasa Tak Lagi Masuk Kategori Hewan Terancam Punah, Ini Alasannya

Panda Raksasa Tak Lagi Masuk Kategori Hewan Terancam Punah, Ini Alasannya Kredit Foto: Antara/REUTERS/LIUSC

Panda raksasa tidak lagi digolongkan sebagai hewan terancam punah tetapi statusnya masih rentan, kata pejabat China.

Penggolongan panda dalam daftar hewan terancam punah diturunkan karena jumlah panda di alam liar telah mencapai 1.800 ekor.

Para ahli mengatakan bahwa negara itu berhasil menyelamatkan hewan ikoniknya melalui upaya konservasi jangka panjangnya, termasuk perluasan habitat.

China menganggap panda sebagai harta nasional yang berharga, tetapi juga meminjamkannya ke negara lain sebagai alat diplomatik.

Peningkatan klasifikasi terbaru "mencerminkan peningkatan kondisi kehidupan mereka dan upaya China dalam menjaga habitat mereka tetap terintegrasi", kata Cui Shuhong, kepala Departemen Ekologi dan Lingkungan Departemen Konservasi Alam dan Ekologi pada konferensi pers.

Klasifikasi baru ini datang bertahun-tahun setelah International Union for Conservation of Nature (IUCN) menghapus hewan itu dari daftar spesies yang terancam punah dan melabelinya kembali sebagai hewan yang "rentan" pada tahun 2016.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini