Kisah Orang Terkaya: Lam Wai-ying, Pemasok Layar Smartphone Apple dan Samsung

Kisah Orang Terkaya: Lam Wai-ying, Pemasok Layar Smartphone Apple dan Samsung Kredit Foto: Pinterest/The Collective Rising

Salah satu orang terkaya di Hong Kong, Lam Wai-ying ialah pembuat dan pemasok layar smartphone. Bersama suaminya, Yeung Kin-man, mereka memiliki Pabrik Biel Crystal Hong Kong. Lam menjadi ketua perusahaan dan memegang 49% saham, sementara suaminya Yeung memegang 51% saham.

Biel merupakan perusahaan pemasok terbesar layar untuk ponsel, tablet, dan jam tangan ke Apple. Mereka telah mempekerjakan 100.000 orang di daratan China. Selain Biel, Lam juga memiliki perusahaan pengembangan real estat High Grand Development.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Alberto Bailleres Gonzalez, Pemilik Tambang Perak Terbesar di Dunia

Tak hanya sebagai pemasok layar untuk Apple, mereka juga memasok Samsung dan Sony dan telah menyatakan mereka mengharapkan pendapatan yang stabil.

Baru-baru ini, perusahaan memutuskan untuk menunda IPO awal sebesar USD1,5 miliar (Rp21,7 triliun) yang direncanakan di Hong Kong karena aksi jual di pasar ekuitas.

Pada November 2017, Lam dinilai oleh Forbes sebagai wanita paling kuat ke-67 di dunia. Pada tahun 2018, Lam menduduki peringkat #5 sebagai Top 10 Self-Made Women Terkaya di Dunia. Hari ini, pada Juli 2021, kekayaan bersih Lam diperkirakan mencapai USD9,1 miliar (Rp131 triliun).

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini