Situasi dalam Negeri Gak Beres, Iran Masih Sempat Kirim Kapal Perang ke Venezuela, Ada Apa?

Situasi dalam Negeri Gak Beres, Iran Masih Sempat Kirim Kapal Perang ke Venezuela, Ada Apa? Kredit Foto: IStock

Iran akan mengerahkan kapal perang ke Atlantik untuk pertama kalinya dalam sejarah. Hal ini memicu spekulasi di kalangan media Amerika Serikat (AS) terkait ke mana kapal itu pergi dan muatan apa yang dibawa oleh kapal tersebut.

Angkatan Laut Iran akan menerima pengiriman beberapa kapal perang baru, termasuk hovercraft yaitu peluncur rudal yang dikembangkan di dalam negeri sebelum akhir tahun. Hal ini diungkapkan oleh Komandan Angkatan Laut Hossein Khanzadi.

Baca Juga: Iran Jadi Fasilitator Perundingan Delegasi Afghanistan dan Taliban

“Saya telah mengikuti rencana pembangunan hovercraft ini selangkah demi selangkah dan Kementerian Pertahanan telah berjanji untuk mengirimkan kapal ini yang dilengkapi dengan rudal, ke Angkatan Laut pada bulan Desember,” kata Khanzadi dalam pidato pada Sabtu (10/7/2021) dan dikutip kantor berita Tasnim.

Khanzadi menambahkan, Angkatan Laut Iran juga akan mendatangkan kapal lainnya termasuk Damavand yaitu kapal perusak kelas Moudge, dan Konarak, yaitu kapal perang baru. Mereka akan bergabung dengan armada pada musim gugur.

Khanzadi menambahkan, sebuah kapal intelijen jarak jauh yang tidak disebutkan namanya akan mulai beroperasi dalam waktu dekat untuk melengkapi kemampuan pelayaran laut Iran yang masih baru. Dia mengatakan, sebuah perusahaan Iran telah merancang dan membangun mesin diesel laut baru untuk Angkatan Laut, untuk memperluas jangkauan dan kemandirian di bidang ini.

Khanzadi mengatakan, pengerahan kapal perang itu membawa pesan khusus terkait dukungan Iran untuk dunia yang tertindas. Kapal perusak Sahand Iran dan kapal pendukung Makran berlayar ke Samudra Atlantik pada Mei.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini