Bukalapak IPO, Ini Profil Achmad Zaky: Lulusan ITB yang Bakal Jadi Triliuner Muda Indonesia

Bukalapak IPO, Ini Profil Achmad Zaky: Lulusan ITB yang Bakal Jadi Triliuner Muda Indonesia Kredit Foto: Instagram/Achmad Zaky

Pendiri Bukalapak, Achmad Zaky lahir pada 24 Agustus 1986, seorang putra dari pasangan suami istri yang berprofesi sebagai guru SMP di Sragen, Jawa Tengah.

Meski bukan lahir dari keluarga berada, Zaky sudah mengenal dunia teknologi sejak sekolah dasar. Itu diawali dari sebuah komputer pemberian pamannya pada tahun 1997. Sejak itulah Zaky tertarik dengan pemrograman.

Zaky memasuki masa SMA di SMA 1 Solo. Sejak SMA, Zaky sudah mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) mewakili sekolahnya di bidang komputer. Berkat prestasi itulah Zaky berhasil melanjutkan pendidikannya di kampus bergengsi Institut Teknologi Bandung (ITB) jurusan Teknik Informatika.

Baca Juga: Tawarkan Saham ke Publik, Bukalapak Jadi Unicorn Indonesia Pertama yang Melantai di BEI

Meski saat baru memasuki kuliah Zaky sangat minder akan aksen logat jaawanya, tetapi ia akhirnya membenahi diri, Zaky mulai berteman dengan orang-orang yang lebih pintar darinya. Tak dianya, pada semester pertamanya, Zaky mendapatkan IP 4,00! Setelah itu, Zaky pun bertemu dengan Fajrin Rasyid yang juga menjadi co-founder Bukalapak.

Zaky sangat aktif di kampus. Ia pernah menjadi penggagas perubahan nama Entrepreneur Club menjadi Techno Entrepreneur Club. Serta lahirnya sebuah cabang ShARE Global Student Think Tank di ITB.

Zaky juga pernah menyabet juara 2 pada perlombaan MIC (Wireless Innovation Contest) pada tahun 2007 yang diadakan oleh Indosat dan Merit Award dalam kompetisi INAICTA (Indonesia ICT Awards) tahun 2008.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini