Sea Group Induk Usaha Shopee Serahkan 1.000 Tabung Oksigen ke Kemenkes

Sea Group Induk Usaha Shopee Serahkan 1.000 Tabung Oksigen ke Kemenkes Kredit Foto: SEA Group

Sea Group, induk perusahaan Shopee dan Garena, menyerahkan bantuan berupa 1.000 tabung oksigen kepada Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, bantuan ini merupakan sebuah komitmen untuk percepatan pemulihan pandemi COVID-19 di tanah air.

Kehadiran 1.000 tabung oksigen ini diharapkan dapat menjadi bagian dari solusi atas tingginya kebutuhan oksigen medis yang naik akibat peningkatan kasus COVID-19 dalam beberapa waktu terakhir. 

Bantuan ini mendapat respon hangat dari Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Budi mengatakan dibutuhkan peran aktif banyak pihak dalam membantu pemerintah dalam upaya mempercepat pemulihan dari pandemi COVID- 19.

Baca Juga: Sebut Solidaritas, Tabung-tabung Oksigen dari Singapura Tiba Lagi Pekan Depan

Dalam kesempatan itu, Budi mengapresiasi inisiatif Shopee yang menjawab kebutuhan oksigen medis yang semakin tinggi. Kenaikan kebutuhan oksigen di tanah air terjadi seiring peningkatan angka penularan COVID-19 dalam satu bulan terakhir. 

Budi berharap inisiatif yang dilakukan Shopee bisa bisa mendorong terjadinya gerakan bersama dengan memanfaatkan modal sosial bersama.

"Secara pribadi dan atas nama Indonesia saya mengucapkan terima kasih. Apa yang dilakukan ini tidak hanya menyelamatkan nyawa tapi juga bentuk penghargaan bagi kemanusiaan," ujar dalam jumpa pers penyerahan "1.000 Tabung Oksigen dan 1 Juta Vaksin Shopee untuk Tanah Air" pada Senin.

Baca Juga: Pemerintah Genjot Produksi Oksigen Medis dan Jamin Ketersediaan Obat

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia akan menyebarkan 1.000 tabung oksigen ini ke berbagai wilayah yang saat ini sedang mengalami kasus COVID-19 paling tinggi. 1.000 tabung oksigen telah diterima di Pusat Krisis Kemenkes pada tanggal 10 Juli 2021, yang kemudian akan disebarluaskan sesuai dengan kebutuhan di lapangan. 

Distribusi tabung oksigen ini diharapkan dapat menjangkau seluruh wilayah Indonesia terutama masyarakat yang saat ini membutuhkan tabung oksigen untuk kesembuhan pasien COVID-19.

Berdasarkan data Kemenkes pada 5 Juli 2021, hingga saat ini di Jawa-Bali total kebutuhan oksigen untuk perawatan intensif dan isolasi pasien COVID-19 mencapai 1.928 ton per hari. 

Sementara itu, kapasitas yang tersedia ada 2.262 ton per hari. Dengan demikian, ditargetkan untuk wilayah Jawa-Bali bisa mensuplai oksigen sebanyak 2.262 ton per hari. 

Baca Juga: Orang Indonesia yang Putus Asa Mencari Oksigen Jadi Sorotan Media Asing

"Saya ingin mengapresiasi dan menyambut baik inisiatif bantuan 1.000 tabung oksigen untuk memenuhi kebutuhan oksigen medis dalam menanggulangi kenaikan kasus COVID-19. Tabung oksigen ini akan didistribusikan bagi wilayah-wilayah di Indonesia, terutama tujuh provinsi di Jawa-Bali yang saat ini sedang mengalami kenaikan kasus," kata Budi.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini