Vara Platform untuk UMKM Raih Pendanaan Awal Senilai US$4,8 Juta

Vara Platform untuk UMKM Raih Pendanaan Awal Senilai US$4,8 Juta Kredit Foto: Ferry Hidayat

Vara, perusahaan rintisan yang bergerak di bidang platform pengelolaan staf untuk usaha kecil di kawasan Asia Tenggara, hari ini mengumumkan pendanaan sebesar US$4,8 juta dari Go Ventures, RTP Global, Alpha JWC Ventures, Surge dari Sequoia Capital India, FEBE Ventures, dan Taurus Ventures.

Vara telah meluncurkan produk debutnya, Bukugaji, sebuah platform pengelolaan staf yang ringan yang mendukung usaha kecil untuk mengatur daftar kehadiran dan penggajian dalam waktu beberapa menit saja.

Di seluruh dunia, dan terutama di Asia Tenggara, usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) adalah tulang punggung perekonomian negara masing-masing.

Contohnya, di Indonesia, lebih dari 60 juta usaha kecil memberikan kontribusi lebih dari 60% PDB negara dan mempekerjakan hampir 95% angkatan kerja nasional. Mayoritas bisnis dari UMKM bergerak di sektor padat karya yang operasionalnya sangat bergantung pada keberadaan dan kinerja pekerja.

Namun, terlepas dari pentingnya tenaga kerja bagi kesuksesan mereka, kebanyakan pelaku UMKM masih mengelola sumber daya manusia mereka secara manual mulai dari melacak kehadiran hingga mentabulasi gaji dan banyak lagi.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini