Apa Itu Media Relations?

Apa Itu Media Relations? Kredit Foto: Indianaexpress.com

Media relations dapat didefinisikan sebagai suatu proses yang melibatkan kerja sama dengan media dan jurnalis untuk menginformasikan kepada masyarakat umum tentang kebijakan, misi, visi, dan praktik organisasi dengan cara yang kredibel. Ini melibatkan koordinasi dengan orang yang tepat untuk menghasilkan liputan berita yang konsisten dan positif.

Mengenal Apa Itu Media Relations

Media relations mengacu pada hubungan yang saling menguntungkan antara jurnalis dan seorang Public Relation (PR). Salah satu manfaat terbesar bagi jurnalis adalah akses mudah ke ide dan sumber berita. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, wartawan bisa menghabiskan banyak waktu dan upaya mengumpulkan informasi untuk menulis sebuah berita.

Baca Juga: Apa Itu Reputation Management?

Bekerja dengan seorang Public Relation akan mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk mencari sumber dan informasi lain untuk memvalidasi konten artikel. Praktisi Public Relation bisa mendapat manfaat dari media relations ini karena menjamin publisitas dan promosi gratis bagi kliennya. Dengan menggunakan media sebagai alat promosi, mereka mampu menjangkau khalayak yang besar tanpa biaya tinggi.

Mengapa Media Relations Itu Penting?

Media relations bukan hanya menjadi strategi promosi biasa. Anda tidak akan menggunakan koneksi Anda dengan influencer dan jurnalis setiap kali Anda memiliki postingan blog baru untuk dibagikan atau telah meluncurkan podcast terbaru.

Terlebih lagi, media relations tidak bisa menjadi pengganti strategi yang tepat untuk pengembangan identitas brand. Anda masih perlu menjalankan kampanye pemasaran dan membuktikan diri kepada audiens Anda dengan cara lain.

Namun, media relations dapat membantu melengkapi aktivitas Anda untuk menghasilkan lebih banyak perhatian dan lebih banyak kredibilitas bagi perusahaan Anda.

Berikut adalah beberapa manfaat terbesar dari media relations:

1. Pengembangan kepercayaan: Pelanggan potensial lebih dipengaruhi oleh orang-orang yang mereka percayai, mulai dari influencer hingga jurnalis. Sebuah perusahaan dapat memberi tahu klien bahwa mereka dapat diandalkan dan berharga dalam jangka waktu yang lama dan pesan itu masih tidak akan sampai ke rumah sampai ada orang lain yang lebih kredibel dalam menyampaikannya.

Media relations yang dilakukan dengan benar dapat membantu bisnis untuk membuktikan diri dengan mendapatkan sapaan dari tempat-tempat yang sudah dipercaya oleh audiens mereka. Cerita yang diterbitkan melalui platform terkemuka dapat memberi Anda kredibilitas secara instan.

2. Jangkauan merek: Mem-posting berita tentang bisnis Anda di situs web merupakan cara yang tepat. Anda akan mendapatkan potensi peringkat teratas dari kata kunci SEO yang Anda targetkan, dan Anda juga akan dapat memberikan lebih banyak informasi kepada pelanggan yang sudah ada. Namun, satu-satunya orang yang menemukan cerita Anda adalah orang-orang yang sudah tahu tentang brand Anda.

Di sisi lain, jika Anda menerbitkan cerita melalui outlet media, Anda dapat memperluas jangkauan brand Anda untuk memasukkan semua orang di audiens perusahaan itu. Media relations yang tepat dapat memperluas peluang penjualan Anda dan membantu Anda untuk menjangkau klien baru yang mungkin belum pernah ada sebelumnya.

3. Otoritas: Salah satu manfaat terbesar dari media relations adalah dapat membantu Anda menjadi lebih pemimpin pasar. Sebagian besar media memiliki pedoman yang sangat ketat tentang apa yang akan mereka laporkan. Pelanggan tahu bahwa cerita yang mereka baca di situs media yang faktual biasanya telah diteliti dengan baik. Mereka juga tahu bahwa bentuk media lain yang berinteraksi dengan mereka biasanya juga kredibel, seperti pesan dari influencer atau blogger terkemuka. Karena itu, pesan yang ditampilkan di situs berkualitas tinggi dan memiliki otoritas tinggi juga dapat meningkatkan otoritas Anda di pasaran.

4. Potensi SEO: Ketika Anda berinteraksi dengan berbagai bentuk media digital untuk meningkatkan posisi Anda secara online, Anda juga bisa mendapatkan keuntungan dari hasil mesin pencarian. Ada lebih banyak peringkat online daripada melakukan penelitian kata kunci yang tepat. Backlink dan sebutan dari brand authority lain dapat membantu meningkatkan posisi Anda juga. Hal ini berlaku di era E-A-T, di mana Google memprioritaskan Expertise (Keahlian), Authority (Otoritas), dan Trust (Kepercayaan).

Untuk perusahaan yang sudah ada, strategi media relations yang solid dapat menambah kredibilitas dan bobot pesan yang Anda kirimkan ke khalayak luas. Bagi bisnis baru, manfaat media relations dapat memastikan Anda untuk tumbuh dan mendapatkan perhatian yang lebih cepat dari audiens.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini