Ahli Epidemiologi: Balita Jangan Dibawa ke Kerumunan

Ahli Epidemiologi: Balita Jangan Dibawa ke Kerumunan Kredit Foto: Sufri Yuliardi

Ketua Ahli Epidemiologi Riau, dr Wildan Asfan Hasibuan mengingatkan orang tua yang memiliki bayi di bawah lima tahun atau balita agar tidak membawa anaknya ke tempat keramaian, seperti ke pusat perbelanjaan, tempat wisata dan ke pesta pernikahan.

"Karena kalau anak-anak ini dibawa ke tempat pesta kan banyak yang cium-cium karena gemes, namanya anak bayi pasti banyak yang pengen mencium atau menggendongnya, sehingga potensi penularan Covid-19 sangat tinggi ke anak," kata dr Wildan di Pekanbaru, Selasa.

Baca Juga: 6 Tips Aman Berbelanja saat Pandemi Covid-19 | Infografis

Pesan ini disampaikan Wildan menyusul tingginya angka kematian pada balita di Riau yang disebabkan akibat penularan Covid-19 dan hingga kini tercatat sudah 12 balita di Riau yang meninggal akibat Covid-19 itu.

Dia mengatakan, ketika anak digendong atau dicium oleh kerabatnya, tanpa disadari prilaku tersebut justru menjadi makin mudahnya Covid-19 menular kepada anak-anak khususnya balita.

Wildan mengungkapkan, penularan virus corona pada balita sebagian besar memang disebabkan dari kluster keluarga untuk itu pihaknya meminta kepada orang tua agar memperhatikan protokol kesehatan saat orang tua pulang ke rumah setelah beraktifitas di luar rumah.

Ganti baju, hindari memeluk anak, mandi dan setelah bersih baru mendekati anak.

Baca Juga: Satgas Covid-19 Melalui BNPB Perkuat Penanganan Pandemi, Dukung Puluhan Ribu Fasilitas Isoman

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini