Apa Itu Nisbah?

Apa Itu Nisbah? Kredit Foto: Mandiri Syariah

Nisbah adalah pembagian hasil dengan cara ekonomi Islam untuk membagi keuntungan dengan adil. Biasanya, nisbah terjadi dalam perbankan syariah sehingga nasabah dan pihak bank saling menguntungkan.

Penentuan nisbah bagi hasil untuk produk tabungan iB dan Deposito iB dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu: jenis produk simpanan, perkiraan pendapatan investasi, dan biaya operasional bank.

Baca Juga: Apa Itu Nirdividen?

Salah satu perbedaan bank konvensional dan bank syariah adalah adanya kejelasan keuntungan antara shahibul maal (pemilik modal) dan mudharib (pengelola modal) yang besarannya ditentukan dan disepakati saat awal akad. 

Besarnya pembagian keuntungan antara shahibul maal (pemilik modal) dan mudharib (pengelola modal) inilah yang disebut dengan nisbah atau bagi hasil. Besaran nisbah ditentukan sejak awal sesuai dengan akad atau perjanjian yang mengikat antara nasabah dan bank yang dipilih.

Dalam menjalankan aktivitasnya, perbankan syariah memiliki tiga macam akad atau perjanjian dengan tujuan pembagian keuntungan dengan nasabahnya.

1. Akad Mudharabah

Akad Mudharabah adalah bentuk kerjasama antara bank dengan nasabah. Dana kelola bisa dimanfaatkan untuk membiayai usaha yang disalurkan melalui pinjaman syariah. Hasil keuntungan pengelolaan inilah yang dibagi antara bank dengan nasabah.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini