Situasi Kian Gak Jelas, Jepang Mau Bawa Pulang Warganya dari Indonesia

Situasi Kian Gak Jelas, Jepang Mau Bawa Pulang Warganya dari Indonesia Kredit Foto: Reuters/Toru Hanai

Sekretaris Kabinet Katsunobu Kato mengatakan, pemerintah Jepang akan berupaya memulangkan warganya dari Indonesia di tengah lonjakan infeksi virus corona. Pemerintah Jepang menyediakan penerbangan khusus untuk mendukung pemulangan warganya dari Indonesia.

“Untuk melindungi warga negara Jepang, kami telah memutuskan untuk mengambil langkah-langkah, sehingga orang Jepang yang ingin kembali dapat dilakukan segera mungkin, dan sebanyak mungkin," ujar Kato, dilansir Nikkei Asia Review, Rabu (14/7/2021).

Baca Juga: Indonesia Kedatangan 998 Ribu Dosis Vaksin Bantuan Pemerintah Jepang

Kato mengatakan, beberapa warga Jepang di Indonesia akan pulang ke kampung halaman mereka pada Rabu dengan penerbangan khusus. Mereka akan terbang dengan maskapai Jepang yang didukung oleh pemerintah. 

"Setelah itu, kami berencana untuk melakukan upaya serupa dalam menanggapi permintaan dari warga Jepang," kata Kato.

Indonesia mencatat 47.899 kasus baru Covid-19, dengan 865 kematian pada Selasa (13/7/2021). Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin, mengatakan, jumlah kasus diperkirakan meningkat karena ada peningkatan pengujian.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini