Xi Jinping Beri Pujian ke Erdogan, Potensi Kerja Sama China dan Turki Menguat

Xi Jinping Beri Pujian ke Erdogan, Potensi Kerja Sama China dan Turki Menguat Kredit Foto: Getty Images/Xinhua

Presiden China Xi Jinping pada Selasa (13/7/2021) memuji ketahanan dan potensi besar dalam kerja sama antara China dan Turki selama panggilan telepon dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada Selasa itu.

Dalam percakapan itu, seperti dilaporkan CGTN, Rabu (14/7/2021) Xi memuji kerja sama yang erat antara kedua belah pihak dalam perang melawan pandemi COVID-19, dengan mengatakan hal itu menambah sorotan baru dalam hubungan bilateral.

Baca Juga: Satu-satunya Sekutu, Rezim Xi Jinping dan Kim Jong-un Pererat Kerja Sama Berbagai Bidang

Memperhatikan bahwa kedua belah pihak akan merayakan ulang tahun ke-50 pembentukan hubungan diplomatik, Xi mengatakan bahwa China siap bekerja dengan Turki untuk mendorong kerja sama strategis bilateral.

Menekankan bahwa kedua belah pihak harus menghormati keprihatinan inti masing-masing dan memperkuat rasa saling percaya strategis, presiden China menegaskan kembali dukungan China kepada Turki untuk mempertahankan kedaulatan nasional, kemerdekaan, integritas teritorial serta strategi pembangunannya.

China siap memperkuat kerja sama di berbagai bidang seperti kontra-terorisme dan keamanan dengan Turki, kata Xi.

Dia meminta kedua belah pihak untuk mempromosikan sinergi antara Belt and Road Initiative (BRI) China dan rencana "Koridor Tengah" Turki, meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi dan perdagangan untuk mencapai lebih banyak hasil dalam kerja sama pragmatis.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini