Tulis Artikel Kontroversial, Putin Sengaja Tulis Rusia dan Ukraina Berasal dari Satu Ibu

Tulis Artikel Kontroversial, Putin Sengaja Tulis Rusia dan Ukraina Berasal dari Satu Ibu Kredit Foto: Getty Images/TASS/Mikhail Klimentyv

Presiden Rusia Vladimir Putin pada Selasa (13/7/2021) telah menggambarkan Rusia dan Ukraina sebagai "satu orang". Putin berpendapat bahwa Ukraina hanya bisa stabil dan sukses jika mempertahankan hubungan persahabatan dengan Rusia.

Dia juga menuduh dalam sebuah artikel yang diterbitkan pada Senin (12/7/2021) bahwa Ukraina tidak berniat menghormati kesepakatan damai 2015 untuk mengakhiri konflik dengan separatis yang didukung Rusia di timur negara itu.

Baca Juga: Simak Baik-baik! Putin Pamerkan Strategi Keamanan Baru Seimbangkan Hubungan India dan China

“Saya yakin bahwa kedaulatan sejati Ukraina hanya mungkin dalam kemitraan dengan Rusia,” artikel yang di-posting di laman web Kremlin menyatakan.

“Ikatan spiritual, manusia, dan peradaban kita telah terbentuk selama berabad-abad dan telah berakar pada sumber yang sama, mereka telah dikeraskan oleh cobaan, pencapaian, dan kemenangan bersama,” tambah Putin.

Dalam pidato yang disiarkan televisi pada Selasa (13/7/2021) malam, seperti dilansir Associated Press, Putin mengatakan dia telah merenungkan artikel itu selama beberapa bulan, tetapi sekarang adalah waktunya untuk merilisnya.

"Sepertinya pekerjaan aktif pada proyek 'anti-Rusia' telah dimulai, dan ini, tentu saja, menimbulkan kekhawatiran tertentu," katanya.

Sementara itu juru bicara Putin Dmitry Peskov menahan diri untuk tidak berkomentar pada hari Selasa ketika ditanya apakah Rusia dapat bergerak untuk menggabungkan wilayah yang dikuasai pemberontak di jantung industri Ukraina, Donbas.

“Saya akan membiarkan pertanyaan itu tidak terjawab,” kata Peskov selama panggilan konferensi dengan wartawan.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini