Kata-kata Ngeri Ini Keluar dari Mulut Presiden Iran: Suatu Hari, Kami Perkaya 90% Uranium

Kata-kata Ngeri Ini Keluar dari Mulut Presiden Iran: Suatu Hari, Kami Perkaya 90% Uranium Kredit Foto: Reuters

Di tengah upaya pemulihan perjanjian nuklir 2015 yang ditinggalkan Washington tiga tahun lalu, petinggi Iran malah membuat klaim besar terkait kemampuan negara tersebut memperkaya uranium.

"Badan Energi Atom Iran (IAEO) dapat memperkaya uranium hingga 20 dan 60 persen dan jika suatu hari reaktor kami membutuhkannya, mereka dapat memperkaya uranium hingga 90 persen kemurnian," kata Presiden Hasan Rouhani saat rapat kabinet, menurut Kantor Berita Mehr.

Baca Juga: Alert! Pembicaraan Nuklir dalam Bahaya, Iran Curi Start Produksi Pengayaan Uranium

Perjanjian nuklir Iran membatasi kemurnian fisil di mana Teheran dapat memurnikan uranium pada 3,67 persen, jauh di bawah 20 persen yang dicapai sebelum perjanjian.

Sedangkan, uranium 90 persen yang dibicarakan Rouhani sudah layak untuk digunakan dalam senjata nuklir pemusnah massal.

Iran melanggar perjanjian nuklir melalui berbagai cara sejak Amerika Serikat hengkang dari perjanjian tersebut pada 2018, termasuk memproduksi uranium dengan kemurnian 20 dan 60 persen lewat pengayaan.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di JPNN Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan JPNN. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab JPNN.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini