Mark Zuckerberg Ketahuan Jual Saham Facebook Tiap Minggu, Ada Apa?

Mark Zuckerberg Ketahuan Jual Saham Facebook Tiap Minggu, Ada Apa? Kredit Foto: Instagram Mark Zuckerberg

Setelah satu tahun tidak melepaskan saham Facebook, Mark Zuckerberg kembali menjualnya. Menurut laporan Forbes, Zuckerberg telah menjual saham Facebook setiap minggu sejak 9 November 2020. Tercatatm Zuckerberg yang berharta USD127 miliar (Rp1.842 triliun) telah menjual 9,4 juta saham senilai USD2,8 miliar (Rp40 triliun).

Dilansir dari Forbes di Jakarta, Kamis (15/7/21) sekitar 90% dari penjualan saham itu dilakukan oleh organisasi filantropis dan advokasinya, Chan Zuckerberg Initiative (CZI). Menurut perkiraan Forbes, sebanyak USD200 juta (Rp2,9 triliun) masuk ke kantong pribadinya.

Baca Juga: Marah-Marah Minta Akunnya Kembali, Donald Trump Tuntut Mark Zuckerberg hingga Jack Dorsey

Zuckerberg merupakan orang terkaya kelima di dunia, kini telah menampi sahamnya di Facebook menjadi sekitar 14%, turun dari 28% pada saat IPO perusahaan.

Sejak Facebook go public pada Mei 2012, Zuckerberg dan CZI telah menjual lebih dari 132 juta saham raksasa media sosial itu, dengan nilai total hampir USD15 miliar (Rp217 triliun).

Dari jumlah itu, secara pribadi Zuckerberg mengantongi sekitar USD2,1 miliar (Rp30 triliun) setelah pajak, menurut perkiraan Forbes. Zuckerberg mulai konsisten menjual saham Facebook pada 2016, setahun setelah ia dan istrinya Priscilla Chan mendirikan CZI.

Pada saat itu, pasangan ini menulis surat kepada putri mereka yang belum lahir, berjanji untuk memberikan 99% saham Facebook mereka selama hidup untuk bidang-bidang seperti pendidikan dan penyembuhan penyakit. Saat itu, saham tersebut bernilai USD45 miliar (Rp652 triliun).

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini