Ramai-ramai Jepang Mau Evakuasi Warganya, Kemlu: Gak Ada Realisasi...

Ramai-ramai Jepang Mau Evakuasi Warganya, Kemlu: Gak Ada Realisasi... Kredit Foto: Reuters/Toru Hanai

Pemerintah Jepang rencanaya akan membawa pekerja mereka kembali ke negara asal pada hari Rabu (14/7/2021) kemarin. Namun Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI menyatakan belum ada realisasi hingga saat ini.

Juru bicara Kemlu RI juga mengatakan belum menerima informasi lanjutan tentang repatriasi dari pemerintah Jepang.

Baca Juga: Situasi Kian Gak Jelas, Jepang Mau Bawa Pulang Warganya dari Indonesia

"Masih belum direalisasikan tapi ini merupakan bagian dari upaya perlindungan terhadap warga negaranya," jelasnya.

"Sama halnya, Indonesia pernah memulangkan WNI dari Wuhan dan juga kru kapal pesiar yang bersandar di Jepang pada saat awal Covid-19."

Menyadur NHK Kamis (15/7/2021), varian Delta membuat angka virus corona di Indonesia melonjak tajam dengan kasus harian baru mencapai 48 ribu dan 864 kematian pada hari Selasa.

Kedutaan Besar Jepang di Jakarta menyebut 9 ekspatriat meninggal antara 26 Juni hingga 12 Juli karena virus corona. Beberapa dari mereka berusia 30-an dan 40-an.

Satu perusahaan akan menerbangkan pesawat sewaan pada hari Rabu untuk mengevakuasi karyawan dan anggota keluarga mereka untuk keluar dari Indonesia.

Salah satu pekerja Jepang, Okutsu So yang bekerja perusahaan logistik Jepang di Jakarta mengatakan banyak orang akan kembali ke Jepang bulan ini atas instruksi kantor pusat.

Selama ini Okutsu tinggal dengan banyak pekerja dan merupakan satu-satunya ekspatriat Jepang di kantor mereka.

Rencananya, keluarga Okutsu akan bergabung dengannya bulan depan, tapi gagasan itu langsung dibatalkan secara mendadak karena dinilai berisiko tinggi.

Dia mengatakan meskipun merindukan mereka, ini belum saatnya membawa keluarga ke Indonesia karena layanan medis RI sedang runtuh.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di Suara.com Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini