Semangat! Begini Caranya Biar Geliat Bisnis Enggak Kendur saat PPKM Darurat

Semangat! Begini Caranya Biar Geliat Bisnis Enggak Kendur saat PPKM Darurat Kredit Foto: Antara/Aprillio Akbar

Kasus Covid-19 di Indonesia terus melonjak naik dalam beberapa waktu terakhir secara signifikan. Data Satgas Covid-19 menyebutkan penambahan kasus positif Covid-19 per 14 Juli 2021 sebanyak 54.517, sehingga Indonesia resmi memiliki kasus Covid-19 mencapai 2.670.046 kasus.

Demi mengatasi lonjakan kasus Covid-19, pemerintah akhirnya mengeluarkan aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro Darurat untuk wilayah Jawa-Bali yang mulai berlaku dari tanggal 3 Juli-20 Juli 2021.

Melalui PPKM tersebut, pemerintah mewajibkan perkantoran sektor non esensial untuk melakukan work from home (WFH) 100%, mewajibkan sekolah dan ibadah dilakukan dirumah, dan melakukan penutupan sementara kegiatan di pusat perbelanjaan/mal/pusat perdagangan. Baca Juga: Dilema PPKM Darurat Bisa Sampai 6 Minggu, Pemerintah Baru Akan Lakukan Rapat Evaluasi Besok

Lalu bagaimana dengan nasib Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)? Selama satu tahun lebih sejak pandemi di Indonesia terjadi memang sudah tidak terhitung banyaknya bisnis yang terpaksa ditutup. Ketua Asosiasi UMKM Indonesia, Ikhsan Ingratubun menyebutkan setidaknya ada 50% unit usaha atau sekitar 30 juta UMKM yang harus gulung tikar karena dampak dari Covid-19.

Meskipun demikian, kita tidak boleh kehilangan harapan bahwa pandemi akan berakhir. Masyarakat harus percaya bahwa perlahan perekonomian juga akan kembali pulih. Dalam situasi tekanan ekonomi ini, masyarakat harus bersemangat dan jangan putus asa. 

Kita juga tidak boleh pasrah dengan keadaan dan harus dapat memanfaatkan peluang-peluang yang ada untuk bertahan melewati situasi pandemi. Jika dikelola dengan baik, peluang tersebut dapat menjadi bisnis yang menghasilkan keuntungan dan memperbaiki kondisi keuangan di rumah.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini