Bukan Wuhan, Pembawa Virus Corona Pertama di Dunia kata WHO adalah Perempuan Italia

Bukan Wuhan, Pembawa Virus Corona Pertama di Dunia kata WHO adalah Perempuan Italia Kredit Foto: Foto/Istimewa

Penyelidikan mengenai asal usul virus corona jenis baru (SARS-CoV-2) yang menyebabkan Covid-19 hingga menjadi pandemi saat ini terus dilakukan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Sejauh ini, ada kemungkinan bahwa pasien nol (patient zero) Covid-19 adalah seorang perempuan asal Italia.

Tim dari WHO mengatakan bahwa sampel kulit menunjukkan bahwa perempuan itu membawa SARS-CoV-2 beberapa pekan sebelum wabah terjadi di Wuhan, Cina, kota pertama virus ini dikonfirmasikan keberadaannya.

Dilansir The Sun, sebuah makalah penelitian yang diterbitkan pada Januari menemukan bahwa sampel kulit kecil dari perempuan tersebut mengandung jejak virus corona jenis baru.

Sampelnya diuji dalam waktu lebih dari enam bulan setelah ia mengunjungi rumah sakit di Milan karena mengalami sakit tenggorokan dan lesi kulit pada November 2019.

Anggota tim yang dipimpin WHO mengklaim bahwa kasus perempuan berusia 25 tahun itu mengindikasikan virus itu beredar sebelum wabah pertama ditemukan di pasar Wuhan pada Desember 2019.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini