Pupuk Kaltim Berencana Bangun Pabrik Oleokimia

Pupuk Kaltim Berencana Bangun Pabrik Oleokimia Kredit Foto: Ist

PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) berencana membangun pabrik oleokimia yang akan menghasilkan produk turunan berupa fatty acid dengan potensi kapasitas produksi sebesar 100 ribu ton per tahun.

Direktur Utama PKT Rahmad Pribadi,  mengatakan dalam rangka melakukan diversifikasi usaha, perusahaan tidak hanya mengembangkan industri turunan gas bumi saja, namun juga akan melakukan pengembangan di industri yang menggunakan sumber bahan baku terbarukan, seperti pengembangan industri oleochemical dan turunannya yang merupakan produk lanjutan dari CPO atau kelapa sawit.

Baca Juga: Pupuk Kaltim Tingkatkan Kapasitas RS untuk Mitigasi Puncak Gelombang Kedua Pandemi

“Langkah ini juga menjadi salah satu strategi pengembangan PKT, guna turut memaksimalkan potensi sektor kelapa sawit dan memastikan proses peningkatan nilai tambah dari hilirisasi industri sawit bisa dilakukan sepenuhnya secara in-house di Indonesia,” kata Rahmad.

Data dari Gabungan pengusaha Sawit Indonesia (Gapki) mencatat bahwa ekspor minyak sawit mentah atau CPO mencapai 28,27 juta ton di 2020, sedangkan produk turunan oleokimia yang diekspor hasil produksi dalam negeri tercatat hanya 3,87 juta ton.

Oleha karena itu dapat dipastikan bahwa hilirisasi produk CPO dalam negeri masih menyimpan potensi yang cukup besar. I

Ia melihat potensi industri oleokimia hilir di Kaltim cukup besar dimana angka produksi CPO di Kaltim saat ini mencapai 4,3 juta ton per tahun. Akan tetapi, saat ini belum terdapat industri pengolahan lanjutan oleokimia di wilayah ini.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini