Kisah Orang Terkaya: David Sun, Pendiri Kingston Technology, Pembuat Kartu Memori Terbesar di Dunia

Kisah Orang Terkaya: David Sun, Pendiri Kingston Technology, Pembuat Kartu Memori Terbesar di Dunia Kredit Foto: Kingston Technologies Inc

Salah satu orang terkaya dunia, David Sun adalah miliarder Taiwan-Amerika dan salah satu pendiri Kingston Technology. Pria kelahiran 12 Oktober 1951 ini mendirikan Kingston bersama John Tu pada tahun 1987. Pada tahun 1977, ia pindah ke Amerika Serikat, di sanalah ia bertemu dengan John Tu.

Perusahaan Teknologi Kingston menjadi populer pada awal 1987 ketika mereka mulai membuat chip memori. Teknologi rekayasa telah mendorong tingkat teknologi chip ke tingkat yang berbeda. Pada tahun 1995, kedua pendiri menjual perusahaan seharga USD1,8 miliar kepada perusahaan modal ventura Softbank.

Baca Juga: Kisah Orang Terkaya: Wolfgang Marguerre, Miliarder Jerman Pembuat Plasma Darah

Di era saat ini, Kingston merupakan salah satu produsen kartu memori independen dan terbesar di dunia. Mereka memiliki lebih dari 4.000 karyawan yang bekerja di perusahaan di seluruh dunia.

Setelah menjual perusahaan dengan harga yang fantastis, David dan John membeli kembali perusahaan tersebut dengan berinvestasi sebesar USD450 miliar. Produk perusahaan sekarang digunakan di berbagai Ponsel, Kamera, Komputer, dan perangkat elektronik lainnya. Produk-produknya sangat diminati karena keandalannya.

Setelah mengambil kembali kendali penuh atas perusahaan, perusahaan membuat pertumbuhan yang luar biasa. Selain memiliki perusahaan teknologi, bersama istrinya, Diana, David Sun memiliki yayasan yang memberikan hibah untuk program pendidikan bagi kaum muda yang kurang terlayani di AS dan Taiwan. Hari ini, David Sun berharta USD8,7 miliar (Rp126 triliun).

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini