Kisah Perusahaan Raksasa: Meski Sepuh, Royal Bank of Canada Tetap Bersaing dengan Perbankan Global

Kisah Perusahaan Raksasa: Meski Sepuh, Royal Bank of Canada Tetap Bersaing dengan Perbankan Global Kredit Foto: Reuters/Chris Wattie

Royal Bank of Canada (RBC) adalah perbankan dan layanan keuangan yang dikelola oleh Kanada. Menempati peringkat ke-223 dalam daftar perusahaan raksasa dunia, RBC membukukan pendapatan 50,86 miliar dolar AS pada 2020.

Grup ini lembaga keuangan terbesar di Kanada. Bank memiliki sekitar 1.600 cabang dan kantor di Kanada, di mana bank ini merupakan salah satu pemimpin dalam pinjaman konsumen, hipotek rumah, simpanan pribadi, pinjaman bisnis, pengelolaan uang, dan reksa dana.

Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: Industrial Bank-nya China, Perbankan yang Meroket dalam Waktu Singkat

Pendapatannya naik 14 persen dari tahun lalu. Sementara di tahun 2020 pula, RBC mengantongi 9,67 miliar dolar untuk keuntungannya. 

Sementara itu, di luar negara asalnya, bank tersebut memiliki jaringan perbankan ritel Karibia yang besar, mengelola operasi perbankan swasta global, dan menyediakan berbagai layanan kepada pelanggan bisnis, termasuk perbankan korporasi dan investasi, pembiayaan perdagangan, perbankan koresponden, dan layanan perbendaharaan. 

RBC yang merupakan salah satu bank tertua, memiliki perjalanan panjang. Korporasi telah ada sejak pertengahan abad ke-19. Warta Ekonomi pada Jumat (16/7/2021) akan mengulasnya secara ringkas dalam artikel berikut ini.

Didirikan pada tahun 1864 oleh sekelompok delapan pengusaha di Halifax, Nova Scotia, Merchants Bank, demikian sebutannya saat itu, dimulai dengan modal 200,000 dolar Kanada untuk mendukung perdagangan lokal. Pendirian bank bertepatan dengan peningkatan tajam dalam kegiatan komersial di daerah itu, akibat dari Perang Saudara Amerika.

Bank membuat awal yang sukses di bawah kondisi ini, dan didirikan lima tahun kemudian sebagai Merchants Bank of Halifax. Thomas C. Kinnear, salah satu pendiri asli, adalah presiden pertamanya. Selama beberapa tahun berikutnya, bank berkembang secara konservatif, membuka cabang di beberapa kota maritim lagi. Tetapi dari tahun 1873 hingga akhir dekade, depresi bisnis menghantam industri pembuatan kapal Nova Scotia dengan keras dan membuat pertumbuhan bank tetap lambat.

5a6d85ee-e6be-403d-837b-fd77bdcbcaec.jpg

Dari kiri ke kanan, Standard Insurance Company, Royal Bank of Canada dan gedung Dominion Express, Montréal, Québec, c. 1900–25. (Albertype Company/Library and Archives Canada/PA-032054).

Pada tahun 1896, aset Merchants Bank berjumlah CAD10 juta. Demam emas di awal tahun 1890-an di British Columbia selatan memberikan dorongan untuk membuka agen di sana pada tahun 1897 dan 1898, terutama karena, dengan selesainya Canadian Pacific Railway pada tahun 1885, daerah tersebut tampaknya siap untuk dikembangkan.

Dalam upaya untuk membedakan bank dari dua lembaga lain dengan nama yang mirip, bank ini berganti nama menjadi The Royal Bank of Canada pada tahun 1901. Selama seratus tahun berikutnya, bank sering disebut hanya sebagai "The Royal."

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini