Keren Banget! Pengusaha Ini Rela Makan Mie Instan Tiap Hari dalam Setahun Demi Modal Awal Bisnis!

Keren Banget! Pengusaha Ini Rela Makan Mie Instan Tiap Hari dalam Setahun Demi Modal Awal Bisnis! Kredit Foto: YouTube/Hermanto Tanoko

Pendiri Utomodeck Metal Works, Darmawan Utomo adalah pengusaha yang sangat gigih dan luar biasa. Pria asal Surabaya ini berhasil mendirikan perusahaan yang bergerak pada proyek atap berukuran besar dengan menggunakan teknologi modern hingga menjadi mesinnya termasuk yang terbesar di dunia.

Tak hanya menjadi pengusaha, Darmawan Utomo juga menjadi konsul kehormatan negara Republik Belarus di Eropa, negara yang merupakan pecahan dari Uni Soviet.

Darmawan bercerita dalam video YouTube Hermanto Tanoko yang bertajuk "SETAHUN MAKAN MIE INSTAN UNTUK MODAL AWAL UTOMO DECK!! Darmawan Utomo - Hermanto Tanoko (Part 1)" bahwa negara Indonesia biasa ekspor karet ke Belarus untuk dijadikan ban. Lalu, pesawat Sukhoi yang digunakan tentara Indonesia juga biasa 'servis' di Belarus.

Baca Juga: Budi JVS dari Pembalap Kini Sukses Jadi Pengusaha Vape

Meski sibuk sebagai pengusaha, Dermawan mengaku ia akan tetap menyisihkan waktu untuk negara dengan menjadi konsul kehormatan Belarus.

Bisnis yang dijalani Darmawan dimulai pada tahun 1976. Sebelumnya, ia bekerja di perusahaan orang lain selama 1,5 tahun sejak tahun 1974 di Jakarta. Darmawan mengaku, ia mendapatkan gaji yang sedikit sehingga harus makan mie instan SuperMie setiap pagi hari selama satu tahun karena ingin hemat. Malamnya, Darmawan membeli ketoprak untuk makan. Ia mengaku berhemat untuk mengumpulkan uang sebagai modal awal dan cikal bakal perusahaannya yang sekarang, Utomodeck.

Ide bisnisnya pun ia dapatkan saat bekerja di Jakarta. Ia melihat jarang sekali perusahaan yang bisa membuat atap dari seng berukuran besar. Bisnisnya pun dimulai dengan tenaga manual dan sewa kantor. Karyawannya juga tak sampai 10 orang.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini