Pertempuran Terbuka Pasukan Afghanistan dan Taliban Pecah di Perbatasan Pakistan

Pertempuran Terbuka Pasukan Afghanistan dan Taliban Pecah di Perbatasan Pakistan Kredit Foto: Reuters

Pasukan pemerintah Afghanistan pada Jumat (15/7/2021) berjuang untuk merebut kembali perbatasan dengan Pakistan dari gerilyawan Taliban. Sementara kantor berita Reuters mengatakan salah satu fotografernya tewas di daerah itu.

Taliban telah menyerbu penyeberangan Spin Boldak awal pekan ini. Pada Jumat (15/7/2021), saksi di sisi perbatasan Pakistan mengatakan mereka melihat pertempuran sengit dan melaporkan melihat mayat.

Baca Juga: Utusan Rusia Berharap Taliban Tak Mengancam Asia Tengah atau Akan...

Reuters mengatakan fotografer pemenang Hadiah Pulitzer Danish Siddiqui, yang tergabung dengan pasukan khusus Afghanistan, tewas ketika unit komando berusaha merebut kembali Spin Boldak.

Badan tersebut mengatakan Siddiqui dan seorang perwira senior Afghanistan tewas dalam apa yang mereka sebut sebagai baku tembak Taliban.

"Kami segera mencari lebih banyak informasi, bekerja dengan pihak berwenang di kawasan itu," kata Presiden Reuters Michael Friedenberg dan Pemimpin Redaksi Alessandra Galloni dalam sebuah pernyataan, dilansir Associated Press.

Siddiqui adalah warga negara India. Duta Besar Afghanistan untuk India, Farid Mamundzay, menyampaikan belasungkawanya di Twitter.

Taliban telah menguasai puluhan distrik di Afghanistan sejak dimulainya fase akhir penarikan pasukan AS dan NATO, setelah kehadiran militer selama 20 tahun. AS mengatakan penarikannya 95 persen selesai.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini