Milenial, Mau Sewa atau Cicil Rumah? Tentukan Dulu 1 dari 2 Prioritas Ini!

Milenial, Mau Sewa atau Cicil Rumah? Tentukan Dulu 1 dari 2 Prioritas Ini! Kredit Foto: Ferry Hidayat

Memiliki hunian pribadi adalah impian bagi setiap orang, tak terkecuali generasi milenial. Harga properti yang kian naik dari tahun ke tahun terkadang menjadi pertimbangan sulit bagi sebagian masyarakat ketika memilih antara menyewa atau mulai mencicil rumah terlebih dahulu.

Ahli Properti dan Pembiayaan Pinhome, Vina, mengatakan bahwa langkah awal untuk menentukan kepemilikan properti adalah dengan mengetahui dulu tujuan kepemilikannya. Sedikitnya, ada dua prioritas utama yang dapat dijadikan acuan: properti sebagai hunian atau sebagai investasi.

Baca Juga: Haru Biru Kisah Sukses Anak Penjual Kain, Kini Miliki Kerajaan Properti!

"Kalau kita membeli properti untuk hunian, hal pertama yang harus kita tentukan adalah lokasinya harus sesuai dengan mobilitas. Tentukan juga apakah rumah atau apartemen itu sesuai dengan kriteria jangka panjang dan jangka pendek kita, lalu tentukan metode pembiayaan meliputi berapa budget yang harus kita siapkan, serta tentukan pula jenis properti yang diinginkan," jelas Vina dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (16/7/2021).

Vina melanjutkan, jika tujuan beli properti adalah untuk investasi, ia menyarankan untuk mencari lokasi yang berpotensi akan berkembang di masa depan.

"Mengapa di lokasi yang akan berkembang? Karena keuntungannya akan jauh lebih besar. Investasi properti itu adalah investasi jangka panjang, jadi kita jangan berharap mendapat (keuntungan) hanya dari dua atau tiga tahun pertama. Namun, nanti saat kita jual enam hingga tujuh tahun lagi, kita mendapat harga yang lumayan besar karena dekat dengan akses-akses tertentu seperti mal dan jalan tol," terangnya.

Kendati demikian, Vina belum menyarankan para fresh graduate atau milenial yang baru memasuki dunia kerja untuk membeli properti. Alasannya, dibutuhkan komitmen tinggi dalam mengalokasikan budget untuk membayar DP maupun cicilan.

"Kalau untuk (mahasiswa) yang baru lulus atau baru menjajaki dunia kerja, aku belum menyarankan membeli properti. Jika belum mencukupi secara finansial, aku menyarankan sewa aja dulu. Apalagi saat ini kita sudah bisa sewa apartemen atau sewa rumah (untuk tinggal) bareng teman-teman," kata Vina.

Tak lupa, ia juga membagikan trik bagi milenial yang baru pertama kali ingin membeli properti. Sebelum membeli, cobalah belajar mencicil budget DP selama satu atau dua tahun dengan menyisihkan sekian persen dari gaji rutin setiap bulan.

"Misalnya, kita pisahkan 30 persen dari gaji setiap bulan lalu ditaruh di tabungan. Jadi belajar nih, apakah kita bisa disiplin untuk menabung? Nanti kalau sudah berhasil, sudah bisa nabung, kita sudah punya gambaran berapa jumlah (uang) yang akan dikeluarkan. Bedanya, kalau di awal-awal kita nabung untuk DP rumah, setelah itu kita sisihkan uang untuk bayar cicilannya," pungkas Vina.

Jika memiliki pertanyaan lebih lanjut tentang properti atau ingin berkonsultasi langsung dengan property expert, Pinhome memiliki Komunitas Property Academy, yakni ruang edukasi properti gratis yang dapat diakses melalui situs www.pinhome.id.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini