Dassault Systèmes Luncurkan Future Sustainable Cities Program

Dassault Systèmes Luncurkan Future Sustainable Cities Program Kredit Foto: WE

Dassault Systèmes, perusahaan 3DEXPERIENCE meluncurkan Future Sustainable Cities Program, digelar dari 19 Juli hingga 1 Oktober 2021. Program ini akan berfokus pada tiga area: Kota Berkelanjutan (Sustainable City), Transportasi dan Mobilitas (Transport and Mobility), serta Konstruksi Pintar (Smart Construction)  

Badan Kesehatan Dunia (WHO) memprediksi bahwa pada 2050 sebanyak 70 persen populasi global, atau sekitar 6,4 miliar orang, akan menjadi penduduk perkotaan.

Bagi para perencana tata kota, tantangan yang tidak pernah berhenti adalah bagaimana menyediakan perumahan dan infrastruktur yang memadai bagi populasi penduduk perkotaan yang terus bertambah, serta memastikan masa depan yang berkelanjutan dan kuat. Pusat kota adalah pusat inovasi dan pengetahuan yang menggerakkan kegiatan ekonomi. Namun, tanpa perencanaan dan pengelolaan tata kota yang tepat, kota juga dapat berkontribusi terhadap pencemaran dan degradasi lingkungan yang masif.

Transformasi perkotaan yang efektif membutuhkan peningkatan pada sejumlah area:

• Sustainable City: Solusi perkotaan yang berkelanjutan termasuk pemanfaatan berbagai solusi hemat energi dan jaringan listrik ramah lingkungan yang menggabungkan energi terbarukan dan baterai penyimpanan yang berskala jaringan (Grid-scale).

• Transport and Mobility: Perpaduan mobilitas dan infrastruktur yang lebih baik, termasuk penemuan kembali (reinvention) logistik perkotaan dan pengiriman jarak jauh.

• Smart Construction: Memanfaatkan inovasi untuk membuat kota menjadi semakin layak huni dan berkelanjutan dengan menjadikannya kota yang lebih "cerdas".

Bersamaan dengan peringatan UN World Population Day bulan ini, Dassault Systèmes mengundang stake holder  untuk bersama-sama mengeksplorasi bagaimana kota-kota di dunia, pemerintahan-pemerintahan, dan dunia usaha bersama-sama memanfaatkan teknologi modern untuk menciptakan infrastruktur dan sistem transportasi perkotaan yang ramah lingkungan dan berkelanjutan. 

Program Future Sustainable Cities Program adalah seri virtual yang berfokus pada tantangan transformasi perkotaan dan solusi apa saja yang dapat mewujudkan kota masa depan yang layak huni dan kuat. Meliputi tiga track yang berfokus pada sustainable city, transport and mobility, dan smart construction, program yang akan digelar dalam sepuluh episode ini akan mengetengahkan bagaimana kota dapat mengatur berbagai proyek transformasi secara lebih efisien di era digital saat ini.  

Seri ini akan dimulai pada 15 Juli 2021 dengan episode spesial Industry Insider with Dassault Systèmes bertajuk Sustainable Cities and Resilient Infrastructure in the Digital Era.

Pada penayangan perdana ini, Remi Dornier, Vice President, Construction, City and Territories dan Guillaume Gerondeau, Vice President, Transportation and Mobility Industry, Asia akan mendiskusikan bagaimana para perencana tata kota dan pemerintahan dapat memanfaatkan teknologi digital dan memadukan berbagai data insight  untuk pengambilan keputusan yang lebih baik dalam rangka membangun infrastruktur perkotaan yang lebih kuat dan berkelanjutan.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini