Korban Tewas Akibat Banjir di Jerman Tambah Jadi 103 Jiwa

Korban Tewas Akibat Banjir di Jerman Tambah Jadi 103 Jiwa Kredit Foto: AP Photo/Harald Tittel

Korban tewas akibat hujan lebat dan banjir di Jerman bertambah menjadi sedikitnya 103 jiwa, Jumat (16/7/2021). Sementara puluhan lainnya masih dinyatakan hilang.

"Kami berduka atas 60 orang tewas saat ini," kata Perdana Menteri Negara Bagian Rhineland-Palatinate Malu Dreyer. Sebelumnya total korban meninggal di wilayah tersebut tercatat sebanyak 50 orang.

Baca Juga: Rusia Kembali Ditakuti, Jerman dan Amerika Sepakat Lawan Negeri Beruang Merah

Di distrik Ahrweiler yang hancur di Rhineland-Palatinate, sekitar 1.300 orang belum ditemukan. Namun otoritas setempat meyakini jumlah tersebut tinggi karena rusaknya jaringan telepon. Kondisi itu membuat para warga terkait belum dapat menginformasikan kondisi dirinya masing-masing.

Menteri Dalam Negeri Jerman Roger Lewentz mengatakan kepada lembaga penyiaran SWR bahwa ia yakin masih ada 40-60 orang yang masih hilang. “Ketika Anda sudah lama tidak mendengar kabar dari orang-orang, Anda harus takut akan yang terburuk,” ucapnya.

Lewentz pun sudah siap dengan kemungkinan terburuk. “Jumlah korban kemungkinan akan terus meningkat dalam beberapa hari mendatang,” ujarnya.

Di sela-sela kunjungannya ke Amerika Serikat (AS), Kanselir Jerman Angela Merkel menyampaikan duka cita kepada para korban banjir di negaranya.

“Saya khawatir kita hanya akan melihat bencana sepenuhnya dalam beberapa hari mendatang,” kata dia seraya menambahkan bahwa pemerintahannya akan melakukan yang terbaik untuk membantu para warga terdampak.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini