Terang-Terangan Rocky Gerung Puji Rakyat Pintar

Terang-Terangan Rocky Gerung Puji Rakyat Pintar Kredit Foto: Instagram/Rocky Gerung

Pengamat politik Rocky Gerung memuji pihak yang membuat meme yang menyindir Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait kebijakan penanganan covid-19. Meme itu menyertakan gambar Presiden Jokowi saat sedang meninjau kesiapan Rusun Pasar Rumput untuk tempat isolasi pasien covid-19.

Di dalam meme tersebut, tertulis kalimat “Bapak jangan sakit ya, biar rakyat saja yang sakit. Kalau Bapak sakit, siapa yang akan menyakiti rakyat?” Menurut Rocky, rakyat Indonesia memiliki otak dan pola pikir yang sangat bagus.

“Dia bisa menangkap situasi dan dalam satu kalimat bisa mengungkapkan kedalaman itu,” ujarnya dalam video di kanal YouTube Rocky Gerung Official, Jumat (16/7).

Baca Juga: Indonesia Rebut Posisi India, Rocky Gerung: Tak Masalah jika Rakyat Percaya Pemerintah

Rocky menilai bahwa dalam kalimat tersebut tergambar kemarahan, keputusasaan, dan harapan.

“Rakyat mampu mengabstraksikan, bahkan secara liris. Itu hal yang tak dipunyai oleh kekuasaan,” ungkapnya.

Akademisi itu mengatakan bahwa kekuasaan tak mampu menemukan kalimat indah yang penuh dengan pengalaman hidup.

“Ini era di mana bumi Indonesia itu dibangkitkan ulang oleh wisdom dari masa lalu dan itulah yang tertinggal di benak publik,” katanya.

Rocky memaparkan bahwa kalimat dalam meme itu bisa digunakan untuk mengukur kadar kebahagiaan rakyat.

“Dengan membaca kalimat itu, kita bisa tahu kadar kebahagiaan rakyat itu sampai mana. Lalu, kita juga bisa lihat bahwa ada kecemasan akan makna hidup,” papar Rocky Gerung.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini