HNW: Masuknya TKA ke Indonesia Tak Beri Dampak Ekonomi

HNW: Masuknya TKA ke Indonesia Tak Beri Dampak Ekonomi Kredit Foto: MPR

Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid menilai tidak ada dampak ekonomi yang didapatkan oleh Indonesia dengan masuknya para tenaga kerja asing (TKA) termasuk yang dari China. Bahkan, selama satu setengah tahun ini, utang negara terus membengkak.

"Enggak ada tuh dampaknya. PHK, pengangguran, semakin banyak, kemiskinan semakin tinggi," kata Hidayat saat dihubungi VIVA belum lama ini.

Selain itu, Hidayat melihat dari sisi industri strategis, tidak ada manfaatnya untuk Indonesia. Kemudian, dari sisi penanganan Covid-19 di dalam negeri juga tidak ada.

Baca Juga: Pesan Kapolri Bagi Pasien COVID-19 yang Isoman Jika Kehabisan Obat, Didengar Ya!

"Kalau dikatakan sudah dilakukan karantina 14 hari mana buktinya. Imigrasi sebaiknya menjadi solusi, bukan menjustifikasi atau diskriminasi," tegas dia.

Hidayat mengatakan sejauh ini, efek dari masuknya para TKA China itu hanya merekalah yang mendapatkan keuntungan. Dalam hal ini misalnya gaji atau pendapatan. Sedangkan dampak ekonomi untuk Indonesia atau masyarakat di dalam negeri tidak ada.

"Membuka lapangan kerja orang asing di tengah banyaknya PHK, kesulitan ekonomi di dalam negeri," tuturnya.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Viva Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Viva. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Viva.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini