Evaluasi Implementasi PPKM Darurat Terus Dilakukan

Evaluasi Implementasi PPKM Darurat Terus Dilakukan Kredit Foto: Instagram/Luhut Binsar Pandjaitan

Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang juga Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan, pihaknya tengah melakukan evaluasi terhadap apakah PPKM dibutuhkan perpanjangan lebih lanjut.

Hasil evaluasi juga akan terlebih dulu dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo. "Kami akan laporkan kepada Presiden dan dua tiga hari ke depan, kita akan umumkan secara resmi," ujar Luhut, Sabtu (17/7).

Baca Juga: Alhamdulillah, Kabar Baik! Keterisian Tempat Tidur Perawatan COVID-19 di DKI Jakarta Mulai Datar

Menurut Luhut, ada dua indikator yang digunakan untuk mengevaluasi periode transisi. Beberapa relaksasi dalam dilakukan jika indikator penambahan kasus konfirmasi dan Bed Occupancy Ratio (BOR) makin baik.

Dia menilai, beberapa daerah mencapai penurunan mobilitas masyarakat cukup baik dan penambahan kasus sudah menurun, seperti DKI Jakarta dan Bali juga diperkirakan menurun pada sepekan ke depan.

Jika konsisten semua, Luhut yakin akhir Juli posisi sudah membaik. Luhut menyebut, berdasarkan pemantauan kami terhadap indikator google traffic, facebook mobility, dan indeks cahaya malam, telah terjadi penurunan yang signifikan terhadap mobilitas dan aktivitas masyarakat.

Hal ini membuat harapan bahwa penularan varian Delta ini bisa diturunkan. Namun, lanjutnya, penurunan aktivitas dan mobilitas ini tidak serta merta menunjukkan penurunan kasus karena ada masa inkubasi penularan yang sudah terjadi sebelumnya dan berbagai faktor lain. Hasil penelitian berbagai institusi dibutuhkan waktu kurang lebih 14-21 hari untuk menunjukkan kasus ini menurun.

"Ini mungkin bisa terjadi kalau kita semua konsisten dalam pelaksanaan PPKM Darurat ini. Oleh karena itu saya minta semua daerah, untuk bahu membahu melawan varian Delta ini," kata Menko Luhut.

Dalam kesempatan itu, Luhut selaku Koordinator PPKM Darurat Jawa-Bali dari lubuk hati yang paling dalam memohon maaf kepada seluruh rakyat Indonesia jika dalam pelaksanaan PPKM masih belum optimal. Dia berjanji bersama jajaran, menteri dan kepala lembaga terkait akan terus bekerja keras memastikan penyebaran varian delta ini bisa diturunkan dan penyaluran bantuan sosial segera dilakukan.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini