Puan Minta Menteri Bawahan Jokowi Jangan Bikin Perdebatan yang Tak Berfaedah, Kasihan Rakyat

Puan Minta Menteri Bawahan Jokowi Jangan Bikin Perdebatan yang Tak Berfaedah, Kasihan Rakyat Kredit Foto: Instagram/Puan Maharani

Ketua DPR Puan Maharani minta Pemerintah serius memperbaiki komunikasi publik kepada masyarakat selama kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Menurut Puan, teguran Presiden Jokowi kepada jajarannya tentang perbaikan komunikasi publik harus benar-benar dijalankan dan jadi kenyataan.

"Perbaiki komunikasi publik, termasuk kejelasan siapa yang pegang komando komunikasi ini, terutama terkait dengan keputusan Pemerintah," kata Puan dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.

Puan menyayangkan selama beberapa waktu lalu, ruang publik justru diramaikan oleh polemik yang kontraproduktif bagi penanggulangan pandemi COVID-19.

Menurut dia, terlebih lagi sejumlah polemik malah dipicu oleh pernyataan pejabat negara yang seharusnya tidak perlu terjadi.

“Harusnya ruang publik kita lebih banyak diisi oleh informasi-informasi yang bermanfaat buat masyarakat yang sedang isoman (isolasi mandiri), yang sedang mencari tempat perawatan, obat-obatan, dan oksigen. Bukan justru diisi riuh yang bikin keruh," katanya lagi.

Puan menyadari bahwa efek pandemi, seperti kelelahan, juga tidak sepenuhnya bisa dihindari oleh jajaran pemerintah dan aparaturnya. Namun semua pihak harus bersama-sama menahan diri untuk untuk tidak memantik polemik yang tidak berfaedah.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini