Komitmen AKHLAK, Pupuk Kaltim Raih Indeks Implementasi Adaptif Terbaik Kategori Anak Usaha BUMN

Komitmen AKHLAK, Pupuk Kaltim Raih Indeks Implementasi Adaptif Terbaik Kategori Anak Usaha BUMN Kredit Foto: Pupuk Kaltim

PT Pupuk Kalimantan Timur (PKT) raih penghargaan Indeks Implementasi Adaptif Terbaik kategori anak usaha BUMN, pada AKHLAK Award 2021 yang digelar ACT Consulting International, berdasarkan indeks implementasi core value AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif), dalam aktivitas bisnis Perusahaan. Penghargaan diterima Direktur Utama PKT Rahmad Pribadi dari Menteri BUMN Erick Thohir, secara virtual pada Kamis (15/7). 

Diungkapkan Rahmad Pribadi, Adaptif sebagai core value AKHLAK paling kuat, menjadi representasi semangat insan PKT dalam menghadapi dan menyesuaikan diri dengan beragam perubahan, guna mendukung pengembangan bisnis Perusahaan. Hal itu pun selaras dengan slogan Future is Ours yang digaungkan PKT, untuk mengoptimalkan sumber daya serta meningkatkan kinerja Perusahaan dengan merespon perubahan dengan sangat baik. “Menyesuaikan diri dengan perubahan itu penting, sehingga peluang bisa kita ciptakan untuk kemajuan Perusahaan. Semangat itu tertanam dengan baik dalam diri insan PKT,” ujar Rahmad. 

Baca Juga: Konsisten Terapkan Akhlak, Pupuk Indonesia Menjadi Role Model Ingtegrasi Roadmap Holding

Budaya adaptif PKT diukur berdasarkan Akhlak Culture Health Index (ACHI), dengan presentase mencapai 69,4%. Hal ini melihat dukungan PKT terhadap kebijakan sentralisasi Pupuk Indonesia, serta inisiatif strategi dengan rencana pembangunan pabrik baru di Papua Barat, sekaligus menyasar pengembangan bisnis yang tidak hanya berfokus kepada industri petrokimia berbasis natural gas saja, tapi juga industri hilir berbasis renewable resources.

Selain itu, PKT juga menyelaraskan core value AKHLAK ke dalam core kompetensi Perusahaan, sekaligus menjadi salah satu penilaian KPI individu dan unit kerja, sehingga PKT mampu meraih rekor tertinggi peningkatan kapasitas bisnis di semester pertama 2021, dengan capaian di atas realisasi periode satu tahun sebelumnya. “Langkah tersebut juga menjadi tolok ukur kinerja PKT dalam mendorong integrasi roadmap holding Pupuk Indonesia dengan anak Perusahaan,” tambah Rahmad. 

Baca Juga: Berpeluang Besar, PT Pupuk Kaltim Lebarkan Sayap ke Industri Oleokimia Berbasis Sawit

Dirinya pun memastikan implementasi AKHLAK akan terus menjadi bagian dalam aktivitas bisnis PKT, mengingat besarnya tantangan dan peluang yang ingin dicapai dalam fase kedua pertumbuhan Perusahaan. AKHLAK sebagai kesatuan dan budaya baru, berjalan dalam ekosistem yang selaras dan seimbang, diciptakan melalui rutinitas yang diawali dengan merubah hal-hal kecil menjadi kebiasaan. “AKHLAK menjadi budaya yang diimplementasikan secara kontinyu di lingkungan PKT. Saat semuanya terlaksana dengan baik, maka kinerja Perusahaan pun semakin meningkat,” tutur Rahmad. 

President ACT Consulting Ary Ginanjar Agustian, mengatakan AKHLAK Award menjadi momentum evaluasi sejauh mana keberhasilan implementasi Core Values AKHLAK di lingkungan BUMN dan anak perusahaan satu tahun terakhir. Pemberian penghargaan berdasarkan riset pengukuran indeks kesehatan budaya kerja AKHLAK, yang dilakukan ACT Consulting periode September 2020 hingga Juli 2021 terhadap 62 BUMN dan anak usaha. “Semoga pencapaian ini menjadi motivasi semua pihak di BUMN untuk terus meningkatkan kinerja dan tak henti mengimplementasikan Core Values Akhlak di dalam kehidupan sehari-hari,” harap Ary.

Menteri BUMN Erick Thohir, menyampaikan perusahaan BUMN saat ini membutuhkan transformasi menyeluruh. Tidak hanya model bisnis dan operasional saja, tapi juga transformasi human capital. Seluruhnya disatukan dalam misi yang sama, yaitu “BUMN Untuk Indonesia” dengan nilai atau core values AKHLAK. “Misi dan nilai tersebut bagian dari transformasi menyeluruh, serta menjadi arah dan bagian dari kebijakan BUMN untuk naik kelas dan berkompetisi secara global,” kata Erick. 

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini