Para Pemimpin Jepang dan Korea Selatan Siap Gelar Pertemuan Perdana

Para Pemimpin Jepang dan Korea Selatan Siap Gelar Pertemuan Perdana Kredit Foto: Antara/REUTERS/Yoshio Tsunoda

Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga dan Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in akan mengadakan pertemuan tatap muka pertama, pada Jumat (23/7/2021) mendatang. Kesempatan tersebut bertepatan dengan dimulainya Olimpiade Tokyo.

Surat kabar Jepang Yomiuri melaporkan bahwa kedua pemimpin diproyeksikan bakal membahas isu-isu yang telah membuat kedua negara bersitegang selama beberapa generasi. Isu yang dibahas termasuk kompensasi bagi orang-orang yang dipaksa bekerja di perusahaan Jepang dan rumah bordil militer selama pemerintahan kolonial Jepang 1910-1945.

Baca Juga: Orang-orang HAM Teriak Minta Jepang Setop Proyek Real Estate di Myanmar

"Jepang juga berencana untuk mengganti seorang diplomat senior yang berbasis di Seoul setelah komentarnya yang dilaporkan secara luas pekan lalu menyamakan hubungan Moon dengan Jepang dengan ungkapan 'masturbasi'," kata Yomiuri.

Seorang juru bicara kementerian luar negeri Jepang mengatakan tidak ada yang bisa segera mengomentari laporan tersebut. Suga bulan ini menyebut hubungan antara Jepang dan Korsel sangat sulit.

Dia memberikan kewenangan kepada Korsel soal masalah tersebut. Gedung Biru kepresidenan Korsel mengatakan kunjungan Moon dimungkinkan jika dia bisa bertemu Suga dan jika kemajuan pada beberapa kesepakatan dapat diharapkan.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini