Jokowi Umumkan Nasib PPKM Darurat Hari Ini?

Jokowi Umumkan Nasib PPKM Darurat Hari Ini? Kredit Foto: Antara/Asep Fathulrahman

Pemerintah belum memutuskan kelanjutan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM darurat yang akan berakhir besok (20/7). Selama dua pekan masa PPKM darurat, belum terlihat perbaikan di sejumlah indikator.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers pada Sabtu (17/7) mengatakan, pemerintah masih membutuhkan waktu untuk melakukan evaluasi, apakah PPKM darurat perlu diperpanjang atau tidak. Begitu ada hasilnya, akan dilaporkan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Baca Juga: Relawan Satgas COVID-19 Ajak Masyarakat Adaptasi Cara Ibadah Iduladha di Tengah PPKM Darurat

Hanya saja secara umum, Luhut mengeklaim mobilitas dan aktivitas masyarakat turun signifikan sejak 3 Juli. Dilihat dari bebrapa alat ukur, salah satunya intensitas lalu-lintas di Google Maps.

Presiden Jokowi sebelumnya sudah memberi sinyal di mana sejak dijalankan PPKM darurat, belum cukup efektif menekan mobilitas masyarakat. Berkaca dari kondisi tersebut, Jokowi meminta PPKM darurat dikaji lebih detail.

Lalu, bagaimana kelanjutan PPKM darurat? Apakah akan diperpanjang atau tidak? Sekadar informasi, jumlah kasus virus corona di Indonesia kembali mengalami penambahan sebanyak 44.721 orang per Minggu (18/7).

Data dari Kementerian Kesehatan menunjukkan, total kasus positif Covid-19 saat ini sebanyak 2.977.476 kasus. Jumlah tersebut merupakan hasil tracing melalui pemeriksaan dengan metode real time Polymerase Chain Reaction (PCR) dan Tes Cepat Molekuler (TCM).

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini