Apa Itu Reputation Marketing?

Apa Itu Reputation Marketing? Kredit Foto: Unsplash/Campaign Creators

Reputation marketing merupakan bentuk promosi, monitoring, dan perolehan reputasi konten yang positif dari berbagai sumber, seperti ulasan, komentar media sosial, forum online, dan pers. Ini merupakan strategi yang digunakan untuk lebih memahami apa yang dikatakan tentang Anda atau perusahaan Anda di dunia online, dan menggunakan pemahaman tersebut untuk meningkatkan brand dan reputasi online Anda secara keseluruhan.

Meskipun ada banyak kesamaan dengan reputation management, reputation marketing  cenderung lebih berfokus dalam mempromosikan konten positif dengan tujuan untuk meningkatkan citra brand dan tentu saja penjualannya. Reputation management juga melakukan hal ini, tetapi hanya menjadi salah satu aspek di bawah payung besar layanan manajemen lainnya.

Baca Juga: Apa Itu Media Relations?

Reputasi Anda bisa menjadi pembeda utama di pasar yang kompetitif. Upaya reputation marketing yang Anda lakukan dapat membantu bisnis Anda lebih mencolok ketimbang yang lain. Pada kesempatan ini kita akan membahas apa itu reputation marketing, apa manfaatnya bagi bisnis Anda, dan bagaimana cara Anda dapat mengembangkan strategi pemasaran ini.

Mengenal Reputation Marketing

Reputation marketing mempromosikan konten positif dari pihak ketiga, seperti ulasan online, postingan media sosial, forum online, dan pers  untuk meningkatkan reputasi Anda di dunia maya. Ini menggabungkan elemen reputation management dengan brand building untuk menghasilkan lebih banyak peluang positif dan secara efektif menciptakan garis pertahanan terhadap konten negatif.

Banyak bisnis yang tidak memikirkan reputation management sampai akhirnya mereka berurusan dengan masuknya berita negatif, ulasan buruk, atau konten online yang merusak citranya. Reputation marketing memberikan kesempatan untuk membangun otoritas dan reputasi brand Anda sebelum berada dalam situasi krisis.

Manfaat Reputation Marketing Bagi Bisnis

1. Tinjauan dan peringkat yang semakin ditingkatkan: Pantau ulasan dan peringkat dengan cermat untuk memastikan bahwa ulasan dan peringkat tersebut memberikan gambaran terbaik tentang brand Anda. Meskipun benar bahwa Anda tidak dapat mengontrol ulasan online secara langsung, Anda dapat menyusunnya dari waktu ke waktu. 

2. Pembuatan halaman Wikipedia: Pengembangan sebuah brand dapat meningkatkan reputasi perusahaan Anda, yang akan meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan halaman Wikipedia. Tidak semua brand bisa mendapatkannya, tetapi dengan membangun brand Anda dapat membuatnya lebih mudah untuk mengembangkan halaman di kemudian hari ketika waktunya tepat.

3. Pengembangan Google Knowledge Panel: Panel ini akan muncul di sisi kanan layar Anda di hasil pencarian desktop. Ini mencakup data yang diambil oleh Google tentang Anda atau bisnis Anda. Apakah istilah penelusuran Anda akan mendapatkan Knowledge Panel atau tidak bergantung pada otoritas yang dimiliki brand Anda, serta jumlah data terstruktur di situs Anda. Menghasilkan Knowledge Panel menjadi aset bisnis yang sangat besar dan dapat sangat meningkatkan jumlah klik ke situs web Anda.

4. Pengembangan Google My Business: Setiap bisnis harus menyiapkan akun Google My Business. Alat ini gratis untuk diakses dan membuka kesempatan bagi Anda untuk dapat terhubung dengan pelanggan dan membangun brand Anda sendiri. Dengan mengoptimalkan profil bisnis Anda, maka Anda dapat membuat brand yang lebih mencolok dari pesaing lain di hasil pencarian.

5. SEO Situs Web: Meningkatkan kinerja situs web Anda dalam hasil mesin pencarian adalah tujuan utama dari Search Engine Optimization. Mesin pencarian seperti Google dapat menentukan sebuah halaman situs sebagai tolak ukur untuk setiap penggunaan kata kunci, sehingga situs tersebut akan mendapatkan lebih banyak perhatian di setiap halamannya.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini