Suara Lantang Puan Maharani, Ada yang Singgung Pejabat Negara!

Suara Lantang Puan Maharani, Ada yang Singgung Pejabat Negara! Kredit Foto: GenPI

Ketua DPR RI Puan Maharani meminta teguran presiden soal perbaikan komunikasi publik selama PPKM darurat.

“Perbaiki komunikasi publik, termasuk kejelasan siapa yang pegang komando komunikasi ini, terutama terkait dengan keputusan pemerintah,” ujarnya di Jakarta, Minggu (18/7).

Mantan menteri PMK itu mengatakan, isi pesan dan cara penyampaiannya pun harus jelas, tepat, dan tidak punya celah distorsi sekecil apa pun.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Lihai Bermanuver, Puan Maharani Dibikin Kepanasan

Selain itu, semua upaya untuk sosialisasi, edukasi, dan persuasi, harus terus diintensifkan.

“Terutama untuk menyampaikan program pemerintah ke depan, mulai dari bagaimana turunan program hingga pelaksanaannya, serta manfaatnya yang jelas bagi publik,” katanya.

Puan menyayangkan selama beberapa waktu ini ruang publik belakangan ini justru diramaikan oleh polemik yang kontraproduktif bagi penanggulangan pandemi Covid-19.

Terlebih lagi, sejumlah polemik malah dipicu oleh pernyataan pejabat negara.

“Harusnya ruang publik kita lebih banyak diisi oleh informasi-informasi yang bermanfaat buat masyarakat yang sedang isoman, yang sedang mencari tempat perawatan, obat-obatan, dan oksigen. Bukan justru diisi riuh yang bikin keruh,” ujar Puan.

Menurut politikus PDIP itu, komunikasi publik pemerintah merupakan salah satu kunci penting dalam pelaksanaan PPKM darurat dan penentuan hasil kebijakan itu. 

“Jangan malah mengeluarkan pernyataan yang membuat bingung rakyat dan memperkeruh situasi,” kata Puan.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini