Cara Anies Tangkal Kematian Warga yang Lakukan Isoman di Rumah

Cara Anies Tangkal Kematian Warga yang Lakukan Isoman di Rumah Kredit Foto: Instagram/Anies Baswedan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta masyarakat yang terpapar Covid-19 dan melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah untuk melapor ke pengurus RT setempat. Anies tak mau ada warga yang meninggal saat menjalani karantina mandiri.

"Apabila merasakan gejala, memerlukan bantuan, bagi yang bersangkutan mohon untuk bisa mengabari kepada ketua RT, RW, gugus tugas," kata Anies di Monas, Jakarta Pusat, Senin (19/7).

Selain itu, Anies juga mendorong seluruh lurah dan camat di setiap wilayah Ibu Kota untuk mengumpulkan informasi terhadap warganya yang terpapar Covid-19 dan sedang melakukan isolasi mandiri di rumah.

Sehingga, kebutuhan dasar mereka dapat terpenuhi selama melaksanakan karantina.

"Kami pun menugaskan kepada lurah, camat untuk mengidentifikasi semua orang di wilayahnya yang sedang isolasi mandiri, sehingga mereka kebutuhan pokoknya terpenuhi, kebutuhan obatnya terpenuhi," ujarnya.

Anies menyebut, saat ini belum ada data mengenai jumlah warga di Jakarta yang meninggal ketika tengah melakukan isolasi mandiri di rumah. Dia hanya mengimbau agar masyarakat dapat memanfaatkan sejumlah fasilitas, seperti aplikasi telemedicine secara daringĀ  saat isolasi mandiri.

Ia juga meminta jajarannya untuk memberikan pendampingan kepada warga yang tidak dapat menggunakan perangkat digital dalam mengakses fasilitas konsultasi medis tersebut.

"Karena seluruh konsultasi menggunakan alat digital, sebagian dari masyarakat tidak bisa (mengakses). Nah, ada pendampingan untuk bisa membantu itu," jelas dia.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini