Dengar Ada Warga yang Mau Gelar Shalat Ied, Pemprov DKI Tak Akan Menindak, Kenapa?

Dengar Ada Warga yang Mau Gelar Shalat Ied, Pemprov DKI Tak Akan Menindak, Kenapa? Kredit Foto: Antara/Muhammad Adimaja

Wakil Gubernur DKI Jakarta Riza Patria meminta semua pengurus masjid dan komunitas keagamaan untuk melaksanakannya di rumah, menyusul adanya kabar beberapa masjid di Ibu Kota akan tetap melaksanakan Shalat Idul Adha pada Selasa (20/7).

Hal tersebut, kata Riza, sesuai dengan fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Kementerian Agama (Kemenag) yang tujuannya untuk menghindari kerumunan demi mencegah paparan pandemi COVID-19.

"Untuk itu (info masjid Shalat Id), kami minta masjid ataupun juga komunitas manapun, besok (20/7) kita merayakan Idul Adha dengan Shalat Id di rumah masing-masing," kata Riza di Balai Kota Jakarta, Senin malam.

Selain itu, dia juga meminta pengurus masjid dan berbagai komunitas keagamaan yang berniat menggelar kurban untuk melakukan penyembelihannya di rumah pemotongan hewan (RPH) atau tempat-tempat yang memiliki ketentuan untuk bisa dilaksanakan penyembelihan hewan kurban dengan protokol kesehatan ketat.

Meski tidak sesuai dengan arahan dari MUI dan Kemenag, Riza tidak mengindikasikan akan ada penindakan dari pihak Pemprov DKI Jakarta meski kegiatan berkumpul di masa PPKM Darurat ini dilarang, karena memiliki potensi besar penularan COVID-19.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini