'Rakyat Butuh Sekali', Jokowi ke Kepala Daerah se-Indonesia: Percepat!

'Rakyat Butuh Sekali', Jokowi ke Kepala Daerah se-Indonesia: Percepat! Kredit Foto: Antara/Hafidz Mubarak A

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepala daerah se-Indonesia untuk mempercepat belanja anggaran di wilayah masing-masing. Menurut dia, percepatan belanja daerah dan percepatan bantuan sosial sangat penting bagi masyarakat di masa pandemi Covid-19 ini.

Terutama, yang berkaitan dengan bantuan UMKM, dana bantuan sosial, dan Dana Desa. Berdasarkan data yang diterima presiden, anggaran UMKM untuk seluruh daerah ada Rp13,3 triliun, sementara yang tersalurkan baru Rp2,3 triliun.

Baca Juga: Usulan PPKM Diperlonggar, Jokowi: Coba Bayangkan...

"Padahal kita sekarang ini butuh sekali. Rakyat butuh sekali. Rakyat menunggu, sehingga saya minta ini agar segera dikeluarkan. Perlindungan sosial ada anggaran, di catatan saya, Rp12,1 triliun. Realisasi juga baru Rp 2,3 triliun. Belum ada 20 persen semuanya," kata Jokowi kepada kepala daerah se-Indonesia, yang dilakukan melalui konferensi video dari Istana Kepresidenan Bogor, Senin (19/7).

Demikian halnya dengan Dana Desa yang jumlah totalnya mencapai Rp72 triliun. Dari jumlah tersebut, Rp28 triliun dipergunakan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa. Namun, realisasi yang sudah disalurkan baru mencapai Rp5,6 triliun atau kurang dari 25 persennya.

"Ini yang saya minta semuanya dipercepat. Sekali lagi, dengan kondisi seperti ini, percepatan anggaran sangat dinanti oleh masyarakat," sebut Jokowi.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di JPNN Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan JPNN. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab JPNN.

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini