Dokter Tirta Bungkam Ade Armando: Jangan Bicara Hal di Luar Kompetensi!

Dokter Tirta Bungkam Ade Armando: Jangan Bicara Hal di Luar Kompetensi! Kredit Foto: Instagram/dr.tirta

Dokter Tirta Hudi sekakmat pernyataan dosen komunikasi Universitas Indonesia (UI) Ade Armando. Dia meminta Ade Armando diam.

Menurut Tirta, pernyataan Ade Armando tidak bijak menyampaikan perbandingan kematian antara Inggris dan Indonesia.

Baca Juga: Pernyataan Rizal Ramli yang Menggelegar: Dingin Hati Ade Armando, Dosen Kok Gitu Sih...

"Menurut hemat saya Pak, maaf kalo ofensif, 73.000 yg meninggal itu orang. Bukan barang. Dan itu yg ketahuan karena tracing yang buruk," kata dokter Tirta melalui akun Twitter Pribadinya, Senin (19/7).

"Ada baiknya Anda tidak berbicara sesuatu yg di luar kompetensi anda. Anda akademisi. Pengajar. nggak bijak mengeluarkan statement ini," sambungnya.

Dokter Tirta menjelaskan mengapa Indonesia tidak bisa dibandingkan dengan negara maju, terutama Inggris. Pertama, adalah jumlah fasilitas kesehatan dan tenaga kesehatan yang tak seimbang dengan jumlah pasien.

"Situasi di Indonesia berbeda dengan negara lain. Pertama jumlah faskes dan nakes tidak imbang dengan jumlah pasien," ujarnya.

Kemudian, yang kedua adalah instruksi setiap daerah dan pusat tidak merata sehingga banyak pihak yang dibuat bingung dengan kebijakan yang berlangsung. Terakhir, kata dokter Tirta, banyaknya hoaks bertebaran mengenai Covid-19 yang justru memperparah situasi di Indonesia.

"Dengan perbedaan tersebut membuat Inggris dan Indonesia tidak bisa dibandingkan. Terutama Inggris memiliki tracing yang sangat bagus sehingga masyarakatnya dapat survive dengan positif," pungkas dokter Tirta.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini