Sandiaga Berbagi 1.000 Hewan Kurban untuk 17 Provinsi

Sandiaga Berbagi 1.000 Hewan Kurban untuk 17 Provinsi Kredit Foto: Boyke P. Siregar

Dalam rangka mendorong semangat persatuan umat dalam menghadapi pandemi Covid-19, Sandiaga Uno bersinergi dengan tokoh agama, ormas Islam, pondok pesantren, Lembaga Pendidikan, serta 18 Pimpinan Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) Islam menyiapkan 1.000 hewan kurban di 17 provinsi.

Sandiaga menuturkan, Iduladha kali ini adalah hari raya yang sangat spesial karena dirayakan di tengah tantangan Indonesia melawan virus. Dalam perayaan Iduladha tahun ini, seluruh masyarakat di bawah keprihatinan karena pandemi yang tidak kunjung usai.

Baca Juga: Kunjungan Wisman ke RI Melorot, Sandiaga: Kita Fokus ke Wisman Lokal

"Kita doakan keluarga, sahabat, tetangga kita yang telah mendahului karena Covid. Bagi warga yang menjalankan isoman yakinlah bahwa di balik kesulitan akan ada kemudahan. Oleh karena itu, mari kita gunakan kesempatan idul kurban ini untuk berbagi dengan saudara yang terdampak pandemi ini," kata Sandiaga.

Dia mengungkapkan, 1.000 hewan kurban itu dibagikan ke-17 provinsi mulai dari Jawa Timur, Jawa Tengah, DIY, Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Kalimantan Selatan, Sulawesi utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi tenggara, Sulawesi Selatan, Gorontalo, Sumatera Utara, Riau, NTT, dan  NTB.

Sandiaga menegaskan, momentum Iduladha 1442H diharapkan mampu untuk memperkokoh pilar persatuan umat, menyiapkan pilar kebangkitan ekonomi umat, serta meneguhkan semangat keadilan sosial.

Program 1.000 hewan kurban ini terdiri dari jenis sapi, kerbau, kambing dan dilakukan serentak secara hybrid dengan protokol kesehatan ketat di 114 lokasi RPH termasuk pemotongan dan  pencacahan serta pembagian daging qurban tersebut mengikuti standar protokol kesehatan yang ketat.

Sementara itu, Pengasuh Pondok Pesantren Sunan Drajat mengungkapkan rasa terima kasih kepada Sandiaga Uno untuk kurbannya. Ucapan terima kasih juga datang dari Jemaah Masjid Kabupaten Alor NTT, Ponpes Mustafawiyah Sumatra Utara, Ponpes Darul Hikam Bandung Jawa Barat, Ponpes AL Amin Sumenep Madura Jawa Timur, Ponpes AL khaerat Palu Sulawesi Tengah, Jemaah Masjid Kiyai Mojo Minahasa Sulawesi Utara.

Begitu juga Pemuda Dewan Dakwah yang menuturkan bahwa adanya sumbangan dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini diharapkan bermanfaat bagi masyarakat di tengah pandemi yang melanda dunia khususnya Indonesia.

Acara penyerahan hewan kurban dalam momen Iduladha 1442 H yang dilaksanakan oleh Sandiaga Uno di RPH Jalan Kemakmuran, Ir H Juanda Depok, Jawa Barat dilanjutkan pembagian door to door di warga sekitar RPH.

Acara ini turut dihadiri juga oleh beberapa tokoh agama, tokoh pemuda, dan influencer seperti Atta Halilintar. Menurutnya, apa yang dilakukan dengan mengundang influencer tersebut adalah untuk mengugah para anak muda untuk ikut berkurban dengan maksud bisa saling berbagi khususnya selama pandemi ini.

Keluarga pondok pesantren persaudaran Islam Kiyai Haji Ilyas Siraj juga turut mengucapkan terima kasih kepada Sandiaga Uno yang telah mengirimkan sapi. "Ini akan kami salurkan ke masyarakat yang membutuhkan," katanya.

Sementara, Imam Musholla Ar-Raudhah Sekumpul Martapura, KH. Sa’duddin Salman menerima hewan kurban jenis sapi limosin, diserahkan oleh Darmawan Jaya Setiawan yang mewakili keluarga besar Sandiaga Uno.

"Alhamdulillah dan terima kasih atas kepercayaan Pak Sandiaga Salahuddin Uno sekeluarga yang menyerahkan sapi kurbannya kepada kami," ujar KH. Sa’dudin Salman.

KH. Sa’dudin Salman mengatakan, pemotongan hewan kurban di Gang Mahabbah Sekumpul Martapura Kabupaten Banjar ini akan dilaksanakan pada Selasa (20/7) usai penyelenggaraan salat Iduladha.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini