Gegara 6 Laskar FPI, Amien Rais dan Habib Rizieq Berkonflik?

Gegara 6 Laskar FPI, Amien Rais dan Habib Rizieq Berkonflik? Kredit Foto: GenPI

Publik menilai hubungan Ketua TP3 enam Laskar FPI Amien Rais dengan eks pentolan FPI Habib Rizieq Shihab (HRS) sedang memanas. 

Penyebabnya, karena Amien Rais menilai secara kelembagaan Polri dan TNI sama sekali tidak terlibat dalam skenario maupun implementasi dari pelanggaran HAM berat.

"Penilaian Amien Rais itu didasarkan buku putih versi TP3 yang berisi fakta peristiwa penembakan 6 anggota laskar pengawal HRS," ujar Jamiluddin kepada GenPI.co, Selasa (20/7).

Baca Juga: Pilpres 2024 Memanas, Habib Rizieq Bawa Gebrakan Dahsyat

Jamiluddin menuturkan, penilaian Rizieq terhadap Amien Rais sangat prematur. Karena, hal itu dapat merugikan korban dan keluarga 6 anggota laskar FPI yang tewas dalam kasus KM 50.

Namun, menurut Jamiluddin masyarakat jangan langsung menyatakan hubungan Amien Rais dan HRS memanas. 

"Dua tokoh ini memang terbiasa berbicara direct sehingga kerap disalahartikan oleh orang-orang yang lebih berbudaya indirect," jelasnya.

Jamiluddin menjelaskan orang yang berbudaya direct seperti Rizieq sangat wajar menyatakan suasana batinnya. 

"Namun, orang yang berbudaya direct, umumnya akan menganggap selesai bila suasana batinnya sudah disampaikan," tuturnya.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini