Selamat! Jeff Bezos Berhasil Meluncur ke Luar Angkasa, Sukses Tanpa Cela!

Selamat! Jeff Bezos Berhasil Meluncur ke Luar Angkasa, Sukses Tanpa Cela! Kredit Foto: Instagram/Jeff Bezos

Selama 10 menit dan 10 detik, pada hari Selasa, Jeff Bezos bukan hanya orang terkaya di Bumi. Perusahaan Blue Origin-nya sukses meluncurkannya ke dalam sejarah penerbangan luar angkasa. Roket New Shepard berawak pertama ini diluncurkan dari gurun Texas untuk penerbangan singkat, yang juga membawa saudaranya dan orang tertua serta termuda yang pernah terbang di luar angkasa.

"Hari terbaik yang pernah ada!" kata Bezos setelah mendarat. “Harapan saya tinggi dan secara dramatis terlampaui.” ujar Bezos sebagaimana dikutip dari CNBC International di Jakarta, Rabu (21/7/21).

Baca Juga: Cek Mesin Roket Done! Blue Origin Umumkan Siap Luncurkan Jeff Bezos!

Kapsul yang membawa kru Blue Origin ini berakselerasi hingga lebih dari tiga kali kecepatan suara sebelum mencapai batas 80 kilometer (sekitar 50 mil), batas itu biasa digunakan AS untuk menandai tepi luar angkasa. Kapsul kru mencapai ketinggian 107 kilometer (66 mil), dan roket mencapai kecepatan tertinggi 2.233 mph selama peluncuran.

Para kru melayang dalam gayaberat mikro selama beberapa menit, sebelum kapsul kembali dan mendarat di bawah satu set parasut untuk mengakhiri misi setelah 10 menit dan 10 detik.

Peluncuran ini menandai masuknya Blue Origin ke pasar penerbangan antariksa untuk turis. Kesuksesan ini membawa Blue Origin bergabung dengan Virgin Galactic milik Richard Branson dan SpaceX milik Elon Musk.

"Ini adalah langkah kecil dari apa yang akan dilakukan Blue Origin," kata Bezos kepada Morgan Brennan dari CNBC setelah dia mendarat.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini