Rezim Kim Jong-un Pamer Data ke WHO: Kami Tes Ratusan Orang, Hasilnya Negatif!

Rezim Kim Jong-un Pamer Data ke WHO: Kami Tes Ratusan Orang, Hasilnya Negatif! Kredit Foto: Reuters/KCNA

Korea Utara (Korut) sekali lagi melaporkan tidak ada kasus COVID-19 di negara itu setelah menguji 696 orang tambahan, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Laporan keluar ketika negara itu mengatakan kepada PBB pekan lalu bahwa kekurangan obat-obatan dan profesional kesehatan “tetap ada sebagai tantangan.”

Korut kini telah mengumpulkan total 66.142 sampel dari 33.208 orang untuk tes COVID-19, dengan semua hasil kembali negatif, menurut laporan situasi mingguan WHO yang diterbitkan pada Senin (19/7/2021). Sekitar 696 orang yang diuji dari 2-8 Juli termasuk 113 orang dengan penyakit mirip flu atau infeksi pernapasan akut yang parah dan 583 petugas kesehatan, kata laporan WHO.

Baca Juga: Mendalami Permasalahan Pelik Korut: Blokade Jalur China, Krisis Pangan, hingga Tolak Vaksin Asing

NK News melaporkan, rezim Kim Jong-un melaporkan sendiri data COVID-19 ke organisasi tersebut dan angkanya tidak dapat diverifikasi secara independen.

Pekan lalu, Pyongyang mengakui masalah yang masih ada di sektor medis dalam laporan kemajuannya yang pertama tentang kemajuan negara itu dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan PBB, atau SDGs.

“Kurangnya kapasitas tenaga kesehatan, rendahnya dasar teknis pabrik farmasi dan peralatan medis serta kekurangan obat-obatan esensial tetap menjadi tantangan,” tulis Korut dalam laporan Voluntary National Review (VNR).

Laporan itu menambahkan bahwa beberapa "pabrik farmasi, vaksinasi, dan peralatan medis" di negara itu tidak memenuhi standar WHO atau permintaan lokal.

Aliansi vaksin global Gavi telah berjanji untuk memberi Korut sekitar 1,7 juta vaksin AstraZeneca, tetapi Pyongyang dilaporkan gagal menyelesaikan langkah-langkah administratif yang diperlukan untuk menerima sumbangan tersebut.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini