Apa Itu Obligasi?

Apa Itu Obligasi? Kredit Foto: Freepik

Obligasi adalah sekuritas investasi di mana investor meminjamkan uang kepada perusahaan atau pemerintah untuk jangka waktu tertentu, dengan imbalan pembayaran bunga reguler. Setelah obligasi mencapai jatuh tempo, penerbit obligasi mengembalikan uang investor.

Obligasi biasanya disebut sebagai sekuritas pendapatan tetap dan merupakan salah satu kelas aset utama yang biasanya dikenal oleh investor individu, bersama dengan saham (ekuitas) dan setara kas.

Baca Juga: Apa Itu Nisbah?

Perusahaan menjual obligasi untuk membiayai operasi yang sedang berlangsung, proyek baru atau akuisisi. Pemerintah menjual obligasi untuk tujuan pendanaan, dan juga untuk menambah pendapatan dari pajak. Ketika Anda berinvestasi dalam obligasi, Anda adalah pemegang utang untuk entitas yang menerbitkan obligasi tersebut.

Banyak jenis obligasi, terutama obligasi tingkat investasi, merupakan investasi berisiko lebih rendah daripada ekuitas, menjadikannya komponen kunci untuk portofolio investasi. Obligasi dapat membantu melindungi risiko investasi yang lebih fluktuatif seperti saham, dan mereka dapat memberikan aliran pendapatan yang stabil.

Obligasi korporasi diterbitkan oleh perusahaan publik dan swasta untuk mendanai operasi sehari-hari, memperluas produksi, mendanai penelitian atau untuk membiayai akuisisi. Obligasi pemerintah umumnya dikenal sebagai perbendaharaan, karena dikeluarkan oleh Kementerian Keuangan.

Semua obligasi memiliki risiko gagal bayar. Jika penerbit obligasi perusahaan atau pemerintah menyatakan pailit, itu berarti mereka kemungkinan akan gagal membayar kewajiban obligasi mereka, sehingga sulit bagi investor untuk mendapatkan kembali pokok mereka.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini