Kisah Haru Anak Jalanan Kini Sukses Jadi CEO, Dulu Hanya Memungut Sisa Makanan Saking Tak Punya Uang

Kisah Haru Anak Jalanan Kini Sukses Jadi CEO, Dulu Hanya Memungut Sisa Makanan Saking Tak Punya Uang Kredit Foto: Instagram/Andika Ramadhan

Sebuah kisah haru nan menyentuh hati dari CEO Clorismen, Andika Ramadhan membuat siapapun pasti berkaca-kaca. Pasalnya, Andika dahulu hanya anak jalanan. Clorismen sendiri merupakan bisnis yang menjual produk skincare untuk pria. Tak ada yang menyangka dahulu, Andika hanyalah anak jalanan yang bersekolah di Sekolah Master, Depok tetapi kini mampu meraup omzet miliaran rupiah.

Di tengah keterpurukannya, Andika masih semangat belajar. Pada tahun 2009 itulah Andika bersekolah di Sekolah Master Depok. Sembari sekolah, Andika meluangkan waktu untuk berjualan. Mulai dari jualan roti, peyek, kue basah hingga kacang.

Baca Juga: Haru Biru Kisah Sukses Anak Penjual Kain, Kini Miliki Kerajaan Properti!

Pada tahun 2012, takdir baik mengantarkan Andika berkuliah di jurusan Sejarah Universitas Negeri Jakarta. Sayangnya, ia sempat terlilit kesulitan finansial untuk menebus biaya kuliah Rp4 juta. Tetapi, Andika tak putus semangat, ia kerja serabutan agar tidak putus kuliah untuk membayar pendidikannya.

Di kampus inlah Andika merintis Clorismen  bersama teman-temannya dengan modal awal Rp50 juta, hasil patungan empat orang. Setelah itu, Clorismen mulai beroperasi secara online. Dengan ketekunannya, Andika secara resmi menjadi CEO Clorismen pada tahun 2019.

Saat itu, omzet Clorismen telah mencapai Rp1,5 hingga Rp2 miliar setiap bulannya. Itu semua berkat reseller Clorismen yang tersebar di seluruh Indonesia sebanyak 1.400 reseller.

Dalam video YouTube bersama Christina Lie yang bertajuk "ANAK JALANAN JADI CEO, RAUP OMZET HINGGA MILYARAN PER BULAN - ANDIKA RAMADHAN" Andika, meski tinggal bersama orang tuanya di sebuah kontrakan, ia lebih banyak menghabiskan waktunya di jalanan.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

HerStory

Terpopuler

Terkini