Gencarkan Bisnis Digital, MNC Grup Rekrut Mantan Bos VIVA

Gencarkan Bisnis Digital, MNC Grup Rekrut Mantan Bos VIVA Kredit Foto: MNC Bank

MNC Group memutuskan untuk merekrut Omar Giri Valliappan sebagai Investor Relations & Digital Business Development Director MNC Group.

"Omar akan menjadi Investor Relations & Digital Business Development Director MNC Group," kata Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo, Rabu (21/7/2021).

Pria bernama lengkap Vedhagiri Valliappan Vedhakumar ini memiliki segudang pengalaman sebagai pengusaha maupun tenaga profesional di berbagai perusahaan rintisan (start-up), UKM dan grup konglomerasi selama 15 tahun di Eropa dan 10 tahun di Asia Tenggara.

Baca Juga: Agresif di Bisnis e-Commerce, MNC Group Rekrut Country Manager Zilingo Patrick Vaz

Omar mengawali kariernya di Cabot Communications Ltd yang berada di Bristol, Inggris sebagai Manajer Pemasaran Produk. Saat itu, dia baru saja lulus Magister Ilmu Komputer dari University of Kent, Inggris pada 2002.

Omar --yang meraih gelar Sarjana di Oxford Brookes University dengan predikat Summa Cum Laude dan Advanced Diploma dari University of Oxford, Inggris ini-- berperan penting dalam mengembangkan bisnis perusahaan hingga akhirnya diakuisisi oleh Vestel Group of Companies dan berhasil meraup 60% pangsa pasar yang memanfaatkan perangkat lunak tersebut.

Selama berkarier di Inggris, Omar secara aktif berkontribusi dalam kemajuan dan standarisasi teknologi di Inggris.

Omar adalah salah satu pionir di balik platform televisi Freeview di Inggris yang diluncurkan oleh BBC pada 2002.

Pada 2007, ayah 3 anak perempuan ini memutuskan pindah ke Istanbul, Turki. Dia dipercaya VESTEL Group of Companies menjadi Director of Market Development.

Selama bekerja untuk Vestel, Omar turut mendirikan aliansi internasional (IMPALA) bersama Echostar Europe dalam pengembangan ekosistem televisi digital yang lengkap dan mendunia, di mana ia berhasil merangkul sejumlah perusahaan, lembaga penyiaran dan lembaga pemerintah untuk mengadopsi teknologi MHEG-5 standard di 12 negara.

Baca Juga: Gaet Visa, MNC Bank Lahirkan MotionVisa Kartu Kredit Virtual Pertama di Indonesia

Dari 2010 hingga 2015, Omar banyak berkecimpung di teknologi internet, penjelajahan kuliner, dan media.

Sebagai salah satu pendiri Zomato Malaysia dan General Manager di Mudah.my -- marketplace terbesar dan portal ponsel terbesar di Malaysia.

Pada 2012, Omar memimpin tim Product Strategy and Management di Astro Holdings Malaysia --menjelang IPO mereka-- dan mengedepankan strategi yang terfokus pada konsumen. Peran Omar meliputi peningkatan pendapatan melalui inovasi produk, kemitraan bisnis strategis, serta transformasi digital.

Selain itu, dia sempat bekerja di perusahaan Malaysia lainnya, yakni menjabat sebagai COO Kamazaharah Food Industries Sdn. Bhd, sebelum akhirnya melanjutkan kariernya di Indonesia.

Sepak terjang Omar di Indonesia ia awali di grup Bakrie, di mana ia ditugasi menjalankan bisnis media, yaitu VIVA Group. Omar bertanggung jawab terhadap seluruh kemitraan digital, investasi dan arahan strategis sekaligus memimpin portal beritaviva.co.id serta bisnis edutainment sebagai CEO.

Saat itu, ia berhasil merombak total tim komersial, pengembangan bisnis dan sales dengan pendekatan sales 360 derajat, dan mengubah tampilan iklan digital menjadi lebih fokus pada monetisasi, namun tetap menyeimbangkan kebutuhan pengguna atas konten berita dan edutainment.

Baca Juga: Strategi Kolaborasi Anak Usaha Jadi Andalan MNC Group Perluas Jangkauan Layanan

Dari perusahaan media, Omar mengembangkan kariernya ke Sinar Mas Land dan memimpin bidang kemitraan strategis, investasi dan pengembangan bisnis di seluruh lini grup konglomerasi tersebut.

Pada saat bersamaan, ia juga memimpin fungsi inovasi, marketing, layanan konsumen dan riset.

Sebagai bagian dari agenda inovasi, Omar memimpin sejumlah usaha patungan (joint venture) antara perusahaan real estate tersebut maupun perusahaan teknologi, seperti Grab, Uangku, Ovo dan kemitraan dengan Tokopedia, Sirclo dan perusahaan e-commerce lainnya.

Pada Juli 2020, Omar berperan di BFI Finance Indonesia sebagai Consultant – Innovation and Strategic Partnerships.

Pada Juli 2021 ini, Omar direkrut MNC Group, salah satu perusahaan konglomerasi terbesar di Asia Tenggara yang memiliki 4 lini bisnis utama yakni media, jasa keuangan, entertainment hospitality, serta e-commerce & digital lainnya.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Selanjutnya
Halaman

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini