Sri Mulyani: Mutasi Virus Covid-19 Hambat Pemulihan Ekonomi

Sri Mulyani: Mutasi Virus Covid-19 Hambat Pemulihan Ekonomi Kredit Foto: Antara/Galih Pradipta

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan varian baru mutasi virus corona yang berasal dri luar negeri akan menjadi penghambat pemulihan ekonomi nasional

“Covidnya terus mengalami mutasi. Varian delta misalnya yang muncul itu menimbulkan ancaman baru. Jadi yang tadinya kita mengharapkan 2021sebagai tahun pemulihan dan terakselerasi mulai dari kuartal kedua kita dihadapkan pada tantangan varian delta,” kata Sri Mulyani dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (21/7/2021).

Baca Juga: Khusus Umat Islam, Sri Mulyani Sampaikan Pernyataan Penting

Sri Mulyani mengatakan varian delta ini memiliki tingkat penularan yang jauh lebih cepat yaitu 50% lebih tinggi dibandingkan varian alfa. “Varian alfa ini adalah varian di Inggris yang muncul setelah varian pertama kali di Wuhan. Varian alfa ini telah menyebar di 60 negara,” ucapnya.

Untuk itu, kata Menkeu, Indonesia harus tetap mewaspadai kemunculan varian-varian baru virus Covid-19. Hal ini sesuai dengan peringatan  WHO akan kemunculan sejumlah varian Covid-19.

"Inilah yang diperingatkan dari WHO bahwa Covid ini akan terus bermutasi. Varian-varian ini akan menimbulkan tantangan yang sangat dinamis. WHO mengatakan varian baru ini akan menimbulkan suatu kekhawatiran karena dampak dari penularannya terus berubah dan bahkan lebih tinggi,” ucapnya.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini