Gagas Kurban Online, Baznas Salurkan 4 Ribu Hewan Kurban ke Seluruh Indonesia

Gagas Kurban Online, Baznas Salurkan 4 Ribu Hewan Kurban ke Seluruh Indonesia Kredit Foto: Baznas

Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Noor Achmad menyampaikan animo masyarakat terhadap kurban online sangat tinggi. Menurutnya, minat masyarakat terhadap kurban online tahun ini meningkat lebih dari 70 persen.

"Alhamdulillah sampai detik ini minat masyarakat luar biasa. Dari tahun lalu naik 70 persen," ujar Noor Achmad saat dialog virtual Media Center KPCPEN, Rabu (21/7/2021).

Baca Juga: BSI Salurkan Zakat Perusahaan ke BAZNAS Rp72 Miliar

Ia mengungkapkan hingga sejauh ini sudah lebih dari 4.000 hewan kurban setara kambing yang telah disembelih dan didistribusikan ke seluruh Indonesia. Bahkan, kata dia, peminat kurban online masih terus bermunculan dan ia berharap bisa mengelola 5.000 ekor hewan kurban.

"Kami pastikan kalau kami mengambil sampel satu ekor kambing bisa 30-40 orang, maka 30 dikali 5.000 ekor tadi sekitar 1,5 juta orang yang akan mendapatkan daging," terangnya.

Sementara jumlah pasti daging kurban yang telah didistribusikan ia harapkan dapat diketahui esok hari.

Noor juga menjelaskan daging kurban yang didistribusikan juga diolah dalam bentuk makanan kaleng agar bisa dimanfaatkan sebagai cadangan makanan saat dalam kondisi darurat.

"Apa yang telah kami peroleh, kami sebarkan ke seluruh Indonesia sesuai permintaan, ada juga yang kami kalengkan. Makanan kaleng ini diperkirakan bisa bertahan dua tahun," jelas Noor.

Proses penyembelihan hewan kurban yang dilakukan oleh BAZNAS turut melibatkan 44 balai ternak binaannya serta bekerja sama dengan 80 jaringan peternak di seluruh Indonesia. Dengan demikian, manfaat kurban tidak hanya dirasakan oleh penerima daging tetapi juga dirasakan oleh peternak.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini