Kemenkes: Hanya 5 Kabupaten/Kota yang Capai 90% Target Testing

Kemenkes: Hanya 5 Kabupaten/Kota yang Capai 90% Target Testing Kredit Foto: KPCPEN

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Siti Nadia Tarmizi mengungkapkan hanya 5 kabupaten/kota yang mencapai target jumlah tes virus Covid-19. Kelima kabupaten/kota itu ialah Kota Jakarta Pusat, Kota Jakarta Selatan, Kota Yogyakarta, Kota Surakarta, dan Kabupaten Sumenep.

"Terkait capaian testing tiga hari terakhir, hanya 5 kabupaten/kota yang mencapai target di atas 90 persen," ujar Nadia dalam konferensi pers virtual, Rabu (21/7/2021).

Baca Juga: Jokowi Sebut PPKM Darurat Bisa Dibuka Bertahap, Syaratnya: Kasus Covid-19 Menurun

Secara nasional, lanjut Nadia, jumlah testing cenderung mengalami peningkatan, akan tetapi testing dan tracing di wilayah PPKM level 4 masih terpantau rendah.

"Target testing dan tracing di daerah PPKM level 4 adalah masih rendah, terutama 3 hari terakhir yang terus mengalami penurunan," imbuhnya.

Nadia mengatakan capaian testing di kabupaten/kota yang termasuk wilayah PPKM level 4 perlu ditingkatkan, terutama pada akhir pekan dan hari libur.

Target testing Covid-19 terutama diperuntukkan bagi suspek yang melakukan kontak erat dengan orang terkonfirmasi positif Covid-19. Dengan demikian, kasus bisa segera ditemukan sehingga positivity rate bisa diturunkan.

Nadia meminta seluruh kabupaten/kota meningkatkan testing di wilayahnya sehingga dapat mencapai lebih dari 9 kontak erat per minggu.

"Seluruh kabupaten/kota harus meningkatkan upaya pemeriksaan kontak erat, karena rasio pemeriksaan kontak erat masih rendah yakni kurang dari 5 kontak erat per minggu. Sementara target yang kita harapkan adalah lebih dari 9 kontak erat per minggu," jelas Nadia.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini