Tanpa Vaksin? Orang Ini Peringatkan Pecahnya 96% Kasus Varian Delta Baru

Tanpa Vaksin? Orang Ini Peringatkan Pecahnya 96% Kasus Varian Delta Baru Kredit Foto: Unsplash/Macau Photo Agency

Perdana Menteri Jean Castex telah memperingatkan bahwa Prancis berada di tengah gelombang keempat pandemi ketika varian Delta menyebar melalui warga yang tidak divaksinasi, dengan kelompok populasi itu terdiri dari 96% kasus baru.

Berbicara di televisi Prancis pada Rabu (21/7/2021), Castex mengangkat kekhawatiran tentang varian Delta, menyebutnya sebagai "mayoritas" di negara itu, karena sifatnya yang "lebih menular".

Baca Juga: Ayo Vaksin! Ahli Sebut Vaksin Cegah Penyakit Parah Akibat Varian Delta

Membela keputusan untuk meluncurkan kartu kesehatan Covid-19 di seluruh Prancis, Castex mengutip bagaimana 96% infeksi baru yang tercatat pada Selasa (20/7/2021) adalah orang-orang yang belum sepenuhnya divaksinasi terhadap virus tersebut.

Mendukung pernyataan perdana menteri, Menteri Kesehatan Olivier Veran mengatakan kepada anggota parlemen negara itu bahwa telah terjadi peningkatan kasus yang belum pernah terjadi sebelumnya --peningkatan 150% dalam seminggu terakhir-- karena prevalensi strain Delta.

Izin kesehatan telah menghadapi tantangan di seluruh Prancis, dengan puluhan ribu orang turun ke jalan di sejumlah kota Prancis untuk menyebut pemerintahan Presiden Emmanuel Macron sebagai “kediktatoran” vaksin. Salah satu anggota parlemen Macron sendiri, Pacôme Rupin, mengklaim “izin kesehatan akan menghancurkan negara kita.”

Izin tersebut diperkenalkan dalam upaya untuk mengurangi penyebaran infeksi Covid-19 sambil menghindari negara itu kembali ke penguncian nasional. Di bawah aturan itu, akses ke banyak tempat rekreasi dan budaya di Prancis saat ini dibatasi untuk mereka yang memiliki bukti vaksinasi, hasil tes negatif, atau pemulihan baru dari Covid-19.

Anggota parlemen memperdebatkan apakah akan memperluas penggunaannya ke lokasi lain, seperti kafe, restoran, dan pusat perbelanjaan pada Agustus.

Sementara parlemen Prancis sedang mempertimbangkan untuk memperluas penggunaan kartu kesehatan Covid-19, Castex jelas bahwa saat ini tidak mempertimbangkan untuk mewajibkannya untuk anak-anak usia sekolah ketika mereka kembali ke ruang kelas pada bulan September.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini