Inilah Akhir Hidup Westergaard, Pembuat Kartun Nabi Muhammad yang Amat Kontroversial

Inilah Akhir Hidup Westergaard, Pembuat Kartun Nabi Muhammad yang Amat Kontroversial Kredit Foto: M100

Kartunis asal Denmark bernama Kurt Westergaard yang terkenal dengan ulahnya menggambar kartun Nabi Muhammad mengenakan sorban telah meninggal pada usia 86 tahun. Karyanya memicu kemarahan banyak pihak karena telah menggambarkan sosok suci dalam ajaran Islam.

Surat kabar Denmark Berlingske seperti dilaporkan CNN, Selasa (20/7/2021), melaporkan kematian Westergaard pada Minggu kemarin yang mengutip informasi dari keluarganya. Menurut laporan, Westergaard meninggal akibat penyakit yang sudah lama ia derita.

Baca Juga: Ilustrator Kartun Nabi Muhammad Akhirnya Meninggal Dunia, Sempat Dilindungi Negara

Karikatur Westergaard tentang Nabi Muhammad pertama kali diterbitkan oleh surat kabar Denmark Morgenavisen Jyllands-Posten pada September tahun 2005. Beberapa surat kabar mencetak ulang gambar tersebut pada awal 2006 sebagai bagian dari perdebatan tentang kebebasan berbicara yang memicu kemarahan di kalangan Muslim.

Sempat terjadi pemboikotan barang Denmark dan penutupan beberapa kedutaan Denmark di negara-negara mayoritas Muslim. Pada saat itu, Westergaard ingin berbicara soal kebebasan berekspresi. Namun, banyak yang menafsirkan gambar itu sebagai penggambaran Nabi teroris.

“Saya ingin dikenang sebagai orang yang memperjuangkan kebebasan berbicara,” kata Westergaard dalam kutipan yang diterbitkan oleh Berlingske, dilansir CNN.

“Tapi tetap saja ada seseorang yang akan mengingat saya sebagai setan yang menghina agama satu miliar orang,” tambahnya.

Westergaard hidup di bawah perlindungan polisi di tahun-tahun terakhir hidupnya. Pihak berwenang Denmark menangkap sejumlah orang yang terkait dengan dugaan pembunuhan terhadap hidupnya.

Pada Februari 2011, pengadilan Denmark menjatuhkan hukuman sembilan tahun penjara kepada seorang warga negara Somalia atas percobaan penyerangan terhadap Westergaard di rumahnya pada tahun 2010. Westergaard dan istrinya bernama Gitte memiliki lima anak, sepuluh cucu, dan satu cicit.

Faktanya, perbandingan antara jumlah penduduk di Indonesia dengan bahan bacaan belum seimbang. Dari 90 orang, akses bacaan yang tersedia hanya satu buku. Berantas hoaks dengan #BacaSampaiTuntas

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

Video Pilihan

Berita Terkait

HerStory

Terpopuler

Terkini